alanoud-d.-alfayez-et-ses-filles-c-drRiyadh, LiputanIslam.com — Mantan istri Raja Saudi Abdullah yang melarikan diri ke London setelah bercerai, Alanoud AlFayez, meminta bantuan Presiden Barack Obama untuk membebaskan putri-putrinya yang “ditawan” oleh raja. Mereka, berjumlah 4 orang, disebutkan kini menjadi tahanan rumah.

“Selama 13 tahun anak-anak perempuan saya telah menjadi tahanan,” kata Alanoud kepada AFP. “Mereka harus dibebaskan dan dilepaskan segera. Presiden Obama harus mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan pelanggaran berat yang dilakukan terhadap anak-anak saya,” tambahnya.

Ke 4 putri tersebut, disebutkan, kini tinggal di 2 rumah besar yang terletak di kawasan tertutup di kota terbesar kedua di Saudi, Jeddah. Mereka berumur antara 38 tahun hingga 42 tahun. Salah seorang di antaranya menderita gangguan kejiwaan.

“Kami tidak memiliki passports atau tanda pengenal, kami berada di dalam tahanan rumah dengan makanan terbatas bagi kami dan binatang peliharaan,” tulis putri tertua, Sahar, dalam satu surat yang bocor yang diberikan Alanoud AlFayez kepada AFP.

Sahar menambahkan bahwa ketiga saudaranya harus menjalani kehidupan dengan pengawasan penuh.

“Mereka bisa dikatakan telah sengaja membuat kami kelaparan sejak Rabu lalu. Kami kini hanya makan sehari sekali, dan menyisakan sedikit untuk binatang piaraan kami,” tambahnya.

Pemerintah Saudi Arabia telah membantah tuduhan tersebut dan menyebut ke-4 putri tersebut bebas pergi ke manapun selama ditemani pengawal.

Sebagaimana bangsawan Saudi lainnya, Raja Saudi, Abdullah (89 tahun), memiliki 38 anak dari sejumlah istri. Ia menikahi AlFayez, yang berasal dari keluarga kaya Lebanon, ketika berumur 15 tahun. Namun keduanya akhirnya bercerai setelah mengalami masa kehidupan keluarga yang rumit. Merasa terancam jiwanya, ia pun melarikan diri dan memilih tinggal di London.

Masih belum jelas apa yang dilakukan Barack Obama atas masalah ini mengingat hubungan politik Amerika dan Saudi yang tengah renggang saat ini menyusul kegagalan rencana mereka di Suriah.(ca/russia today)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL