arthur masBarcelona, LiputanIslam.com — Presiden Katalonia Artur Mas menyerukan diselenggarakannya pemilu awal di wilayah otonomi Spanyol tersebut. Para pengamat menyebutnya sebagai penjajakan bagi pelaksanaan referendum untuk menentukan kemerdekaan Katalonia.

Katalonia merupakan wilayah paling kaya di Spanyol dengan menyumbang 20% pendapatan nasional Spanyol. Pemilu berikutnya dijadwalkan diselenggarakan tahun 2016.

Sebuah referendum simbolis telah diselenggarakan bulan November lalu dengan hasil 80% mendukung kemerdekaan dari Spanyol. Demikian klaim para pejabat Katalonia. Pemerintah dan Pengadilan Spanyol menyebut setiap bentuk referendum di Spanyol adalah tindakan ilegal.

Waktu penyelenggaraan pemilu ini kembali menimbulkan perselisihan dengan pemerintah Spanyol yang menjadwalkan akan menggelar pemilu pada bulan November mendatang.

Partai pro kemerdekaan yang dipimpin Mas, CiU berselisih tentang daftar caleg dengan sekutu dekatnya, ERC. Namun keduanya menyatakan akan menjalankan rencana kemerdekaan bersama-sama. Demikian BBC News melaporkan, Kamis (15/1).(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*