gudang berasJakarta, LiputanIslam.com — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah membentuk sekretariat bersama untuk menjaga stabilitas pangan. Sekretariat yang terdiri atas 75 ribu penyuluh ini berasal dari Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Kelautan.

“Mereka akan dilatih untuk meningkatkan capicity building untuk memberikan penyuluhan, baik di sektor pertanian, kelautan, dan kehutanan,” ujarnya, Selasa (29/4).

Hatta mengatakan sekretariat bersama itu akan dipimpin oleh eselon satu secara bergantian dari tiga kementerian. “Untuk tahun ini sekretariat bersama akan dipimpin oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan,” katanya.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan tim juga akan ada di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota. Menurut dia, tim penyuluhan diperlukan untuk mengembangkan inovasi dan teknologi di masing-masing sektor. “Untuk penyuluhan jadi kewenangan daerah, tapi komando dari pusat,” katanya.

Di Kementerian Pertanian sudah ada 21.500 penyuluh dan 23 pegawai negeri sipil. Kementerian telah mengalokasikan anggaran untuk penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia sebesar Rp 1,1 triliun.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*