malik-obama-maga-trumpWashington, LiputanIslam.com–Malik Obama, saudara tiri dari Presiden AS Barack Obama, membuat heboh dunia maya karena mendukung kandidat presiden Donald Trump. Kini, ia membuat pernyataan baru tentang pemilik Wikileaks, Julian Assange, melalui cuitan dari akun twitternya, @ObamaMalik.

“@POTUS Tolong maafkan Julian Assange! Yang ia lakukan hanyalah menyingkap isi email!” tulisnya.

Assange berlindung di Kedutaan Ekuador di London sejak 2012 untuk menghindari ekstradisi dirinya ke Swedia, setelah ia dituduh melakukan pemerkosaan. Tuduhan tersebut muncul segera setelah WikiLeaks merilis dokumen-dokumen rahasia. Banyak orang berasumsi bahwa Swedia akan membawa Assange ke AS, di mana ia akan didakwa kejahatan spionase.

Pada awal bulan ini, Wikileaks merilis email milik John Podesta, ketua tim kampanye Hillary Clinton. Email tersebut berisi sejumlah fakta buruk terkait kampanye Clinton, termasuk konflik kepentingan Clinton selama ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS. Segera setelah itu, Ekuador memutus koneksi internet Assange.  Banyak orang berspekulasi bahwa tindakan tersebut adalah hasil dari tekanan AS.

Malik Obama bukan satu-satunya orang penting yang meminta kebebasan Assange. Pada Februari lalu, UN Working Group on Arbitrary Detention (WGAD), menyatakan pembatasan kebebasan atas Assange adalah tindakan yang sewenang-wenang.

WikiLeaks pada bulan lalu merilis tiga laporan terkait kesehatan Assange, termasuk hasil pemeriksaan psikiater dan dokter gigi. Assange diketahui mengalami “kondisi sangat parah dalam penahanan di lokasi kecil di kedutaan.” (ra/sputniknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL