Foto: Facebook

Foto: Facebook

Jakarta, LiputanIslam.com — Kabinet Kerja untuk lima tahun mendatang yang diumumkan kemarin, dihiasi oleh kader-kader terbaik Nahdlatul Ulama. Waketum PBNU, KH Dr As’ad Said Ali berharap kepada menteri-menteri yang berasal dari Nahdliyin agar dapat melaksanakan amanah yang diembannya dengan sebaik-baiknya dan dapat bekerja dengan ikhlas demi kemaslahatan umat.

“Setiap jabatan adalah amanah dan bekerjalah dengan ikhlas demi kemaslahatan umat. Ini sebuah kepercayaan dan siapa pun yang menjabat harus melaksanakan sebaik-baiknya,” ujar Waketum PBNU Asad Said Ali di kediamannya di Jakarta, Ahad (26/10/2014), seperti dikutip dari www.elhooda.net.

Menurut As’ad, kader NU yang dipercaya sebagai pembantu Presiden itu adalah kader terbaik dan diyakini berkualitas dalam melaksanakan kinerjanya. Berikut ini, nama-namanya:

1. Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial RI. Saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU). Aktivis NU ini pernah menjadi Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Surabaya, Ketua Umum Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), dan Ketua Pengurus Besar PMII.

2. Lukman Hakim Saifuddin sebagai Menteri Agama RI. Kader NU ini pernah menjadi Wakil Sekretaris Pimpinan Pusat Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU), dan Ketua Pengurus Pusat Lajnah Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU.

3. Marwan Ja’far sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. Aktivis NU sejati ini pernah menjadi Ketua PMII DI Yogyakarta, Kabid Litigasi dan Konsultasi LPBH NU DI Yogyakarta, Litbang GP Ansor DI Yogyakarta, Wakil Sekjen PP LPNU, Wakil Sekjen Inkopsim NU Pusat, Mabin IPNU Cabang Pati. dan Wakil Ketua Lembaga Perekonomian PBNU.

4. Imam Nahrawi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Aktivis dan politisi muda NU ini pernah menjadi Ketua PMII Surabaya, Ketua PMII Jawa Timur, Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional Garda Bangsa, dan Wakil Ketua Lembaga Perekonomian PBNU.

5. Muhammad Hanif Dhakiri sebagai Menteri Ketenagakerjaan RI. Saat ini menduduki Ketua Umum Dewan Koordinasi Nasional Garda Bangsa dan pernah menjabat sebagai Ketua PMII Salatiga, Ketua Lembaga Studi Advokasi Buruh PB PMII, serta Wakil Ketua Umum DKN Garda Bangsa.

6. Muhammad Nasir sebagai Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan aktif dalam Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Tengah.

Selain enam nama tersebut, Pratikno, Rektor UGM yang menjadi Menteri Sekretaris Negara dan Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian juga disebut-sebut merupakan bagian dari ‘keluarga’ NU. Dari berbagai sumber, Pratikno dikabarkan aktif di ISNU Yogyakarta, sedangkan Amran Sulaiman—ia disebut aktivis GP Anshor era 80-an, sebuah organisasi kemasyarakatan pemuda Indonesia yang nasionalis, religius, dan kerakyatan yang lahir dari rahim NU. Selamat bekerja, putra-putri terbaik NU! (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL