duchovny-russia-hed-2014New York, LiputanIslam.com — Aktor terkenal AS, David Duchovny menuai kontroversi setelah muncul sebagai bintang iklan bir Rusia pada saat hubungan Rusia dengan AS memanas karena konflik di Ukraina.

David muncul dalam iklan berdurasi 2,5 menit dengan judul iklan “You Have Things to Be Proud Of” dengan tema utama budaya dan sejarah Rusia.

“Ini adalah negara dimana saya lahir dan tumbuh dewasa (Amerika). Namun ada negara lain dimana saya mendapatkan nama keluarga. Dan terkadang saya bertanya-tanya: bagaimana jika semuanya berubah? Bagaimana jika saya adalah orang Rusia?”

Itulah dialog yang dibacakan David dalam iklan yang dipublish melalui YouTube oleh sebuah perusahaan pembuat bir Rusia, Siberian Crown. Dalam iklan tersebut juga ditampilkan gambar keadaan David sebagai warga Rusia dengan berbagai profesi: kosmonot (astronot), pemain hoki, penari balet, aktor, penyanyi disko dll.

“Dan saya menemukan bahwa menjadi orang Rusia, saya memiliki banyak hal untuk dibanggakan,” katanya di akhir dialog.

Siberian Crown adalah anak perusahaan dari perusahaan bir raksasa asal Belgia Anhueser-Busch Inbev. Menggunakan nama Siberian Crown, perusahaan mengidentikkan produknya dengan Rusia untuk mengikat kesetiaan konsumennya di Rusia. Kini nama tersebut mulai dijual ke pasar internasional, pada saat Rusia menjadi perhatian terkait konflik di Ukraina.

“David Duchovny memutuskan terlibat dalam pembuatan film tentang Rusia sebagai negara yang membanggakan dan menyenangkan. Ia akhir-akhir ini banyak berbicara tentang asal usulnya, dan kini membayangkan hidupnya seandainya pendahulunya tidak meninggalkan negaranya (Rusia) ke Amerika,” demikian keterangan Siberian Crown tentang iklan yang dibawakan David.

Padahal pada bulan April lalu, di akun pribadi Twitter-nya ia mengaku sebagai keturunan Ukraina, bukan Rusia.

“Saya sering berfikir jika saya adalah orang Rusia, namun saya kini menyadari bahwa saya adalah orang Ukraina. Tidak pernah terlambat untuk berubah,” tulisnya di Twitter pada tanggal 4 April lalu.

Seorang warga Ukraina pengikut David di Twitter berkomentar pedas atas iklan yang dibawakan David: “Ia harus mengubah pandangannya, di pihak mana ia berada dalam konflik ini.”

“Apakah David Duchovny telah benar-benar gila? Mungkin ia akan mendapatkan passpor Rusia seperti Gerard Depardieu,” tulis pengikut yang lain, Tatyana Samosudova, sebagaimana dilaporkan Daily Mail.

Depardieu, aktor Perancis, mendapatkan kewarganegaraan Rusia tahun lalu karena kedekatannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Sejak itu ia telah muncul sebagai bintang iklan produk perbankan dan makanan Rusia.

Duchovn adalah bintang utama film seri televisi terkenal The X-Files. Ia kemudian menjadi bintang pertunjukan seri Californication. Menurut IMDB.com, Duchovny lahir di New York City, sebagai anak seorang imigran yahudi dari Ukraina dan Polandia, dan seorang ibu dari Skotlandia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL