jacky chanHongkong, LiputanIslam.com — Aktor legendaris asal Hongkong Jacky Chan, mengecam aksi-aksi demonstrasi yang terjadi di Hongkong sebagai sesuatu yang merugikan.

Sebagaimana dilaporkan Channel News Asia akhir pekan lalu, Jackie Chan memposting status di situs jejaring sosial populer di Cina, Weibo, menyatakan keprihatinannya atas aksi-aksi demonstrasi yang terus berlanjut di Hongkong yang dianggapnya mengancam perekonomian Hongkong.

“Saya menemukan melalui berita-berita bahwa perekonomian Hong Kong mengalami kerugian hingga HK$350 miliar (sekitar Rp300 triliun) dan saya sangat khawatir,” tulis Chan dalam statusnya.

“Saya percaya bahwa setiap warga Hongkong mencintai Hongkong dan berharap keadaannya baik! Masa depan Hongkong yang cemerlang membutuhkan dukungan dan kerja keras semua orang. Di sebuah lagu country disebutkan: Tidak ada rumah yang makmur tanpa negara yang kuat. Saya ingin bekerja keras bersama semua orang dan kembali ke rasionalitas, untuk menghadapi masa depan kita, mencintai negara kita, mencintai Hongkong kita,” tambah Chan dalam statusnya.

Dalam hitungan hari sebanyak 16.200 komentar telah ditautkan pada status tersebut, sebagian besar memuji pandangannya, namun ada juga yang mengkritiknya.

Ini adalah status pertama Chan di Weibo sejak bulan Agustus lalu dimana ia menyampaikan permintaan ma’af atas penangkapan putranya, Jaycee Chan karena kasus narkoba di Beijing.

Chan tidak sendirian dalam menentang aksi-aksi demonstrasi tersebut. Hari Senin (13/10) ratusan sopir taksi dan truk memblokir jalan-jalan utama Hongkong untuk mencegah para demonstran berkumpul, sementara puluhan orang lainnya berusaha menyingkirkan barikade yang didirikan demonstran. Sementara awal bulan lalu warga di kawasan Mongkok menyerang para demonstran yang dianggap telah mengganggu kehidupan mereka.

Hong Kong General of Commerce, asosiasi perusahaan akunting publik dan perbankan juga telah menyatakan oposisinya terhadap aksi-aksi demonstrasi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL