maria pinedaMexico City, LiputanIslam.com — Maria de los Angeles Pineda Villa, istri Walikota Iguala Jose Luis Abarca, resmi didakwa terlibat dalam kejahatan terorganisir dan pencucian uang dan kini ditahan di penjara khusus di barat Mexico sebelum menjalani persidangan. Demikian BBC News melaporkan, Selasa (6/1).

Maria dan suaminya diduga kuat terlibat dalam penculikan dan pembunuhan 43 pelajar sekolah keguruan setempat yang hilang pada bulan September lalu. Sebelum menghilang mereka ditangkap polisi Iguala setelah terlibat aksi demonstrasi berdarah yang menewaskan 6 orang pada tanggal 26 September 2014.

Dari pengakuan beberapa tersangka yang terlibat, para pelajar itu diserahkan oleh polisi kepada kelompok kriminal lokal, Guerrero Unidos untuk dieksekusi mati dengan cara ditembak dan dibakar di atas pembuangan sampah. Namun saat diserahkan oleh polisi, sebagian pelajar itu telah dalam kondisi meninggal.

Aparat penyidik telah menangkap puluhan tersengka, kebanyakan aparat kepolisian Iguala dan anggota kelompok Guerrero Unidos.

Maria Pineda dan suaminya Jose Abarca ditangkap di Mexico City pada bulan November 2014 setelah melarikan diri paska terbongkarnya kasus tersebut. Namun masih belum jelas, apakah tuntutan terhadapnya terkait dengan peristiwa penculikan para pelajar itu. Ia didakwa terlibat dalam berbagai aksi penculikan dan pembunuhan serta pencucian uang sebelum peristiwa penculikan terjadi.(ca)
   

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*