istri modiNew Delhi, LiputanIslam.com — Istri resmi Perdana Menteri India Narendra Modi mempertanyakan hak-haknya sebagai istri perdana menteri. Hal itu sekaligus menarik perhatian publik terhadap status perkawinan Modi yang dianggap misterius.

Sebagaimana dilansir BBC News, Selasa (25/11), Jashodaben, seorang pensiunan guru yang masih resmi menyandang status sebagai istri perdana menteri meski hidup secara terpisah, mengajukan petisi Hak atas Informasi (Right to Information/RTI) kepada pemerintah negara bagian Gujarat dimana ia tinggal.

Jashobaden dan Modi menikah saat masih remaja berusia 17 tahun, namun selama bertahun-tahun keduanya hidup terpisah, setelah Modi bergabung dengan partai konservatif Hindu. Modi selalu menghindari pertanyaan tentang status pernikahannya, diduga kuat untuk mendapatkan dukungan warga Hindu yang menghormati cara hidup selibat (tidak menikah) para pemimpinnya.

Modi baru mengakui status perkawinannya bulan April lalu menjelang pemilihan umum.

Paska terpilihnya Modi sebagai perdana menteri bulan Mei, Jashodaben pun mendapatkan pengawalan ketat selama 24 jam per-hari.

“Saya istri dari yang terhormat perdana menteri India. Saya ingin tahu, di bawah undang-undang apa sehingga saya harus mendapatkan perlindungan. Sebagai istri perdana menteri, hak-hak apalagi yang saya punyai?” tulis Jashobaden kepada otoritas Distrik Mehsana dimana ia tinggal bersama saudaranya.

Jashodaben mengatakan bahwa selama ini ia selalu bepergian dengan kendaraan umum, sementara pengawalnya berkendaraan dengan kendaraan resmi.

“Berdasar pada fakta bahwa mantan Perdana Menteri Indira Gandhi dibunuh oleh pengawalnya, saya takut dengan keberadaan pasukan pengawal. Maka, mohon diberikan data-data pribadi pangawal yang mengawal saya,” tulisnya.

Dalam wawancara dengan “Indian Express” beberapa waktu lalu, Jashodaben mengaku hidup dari uang pensiunnya sebagai guru sebesar 14.000 rupee atau sekitar Rp 2,5 juta. Ia juga mengatakan telah ditinggalkan oleh Modi pada tahun ketiga pernikahan mereka, dan sejak itu mereka hidup terpisah meski tidak pernah bercerai secara resmi.

Sebagian rakyat India telah lama mengkritik Modi yang dianggap tidak bertanggungjawab terhadap istrinya. Demikian BBC melaporkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL