knock-roofGaza, LiputanIslam.com–Sebuah video beredar menunjukkan detik-detik pengeboman rumah seorang warga Gaza oleh tentara Israel, IDF. Menurut IDF, mereka melakukan pengeboman dari udara itu dengan teknik “ketukan di atap” (knock on the roof). Teknik ini berjalan sebagai berikut: awalnya IDF menembakkan rudal di sebuah warga rumah sipil dengan tujuan “untuk memperingatkan penghuni agar meninggalkan gedung”, dan semenit kemudian, IDF menembakkan rudal-rudal dengan kekuatan penuh hingga rumah itu hancur lebur.

 

Video yang diunggah di YouTube pada hari Sabtu (12/7) menunjukkan bagaimana sebuah rumah warga Palestina bernama Samir Nofal dihancurkan oleh rudal Israel dalam dua tahap. Awalnya rudal ‘kecil’ dijatuhkan di atap rumah itu oleh pesawat F16 IDF. Lalu sekitar semenit kemudian, terjadi ledakan luar biasa, yang menghancurleburkan rumah berlantai dua yang terlihat kokoh itu. Selama semenit kemudian, asap sedemikian pekat sehingga di layar kamera tidak terlihat apa-apa. Ketika asap mereda, terlihatlah pemandangan yang mengenaskan: rumah bercat putih itu tinggal puing-puing belaka.

Amnesty International telah mencela teknik knock on roof  ini dan menyebutnya, itu sama sekali tidak bisa diklaim sebagai ‘peringatan efektif’.

“Tidak mungkin menembakkan rudal ke sebuah rumah warga sipil dapat dianggap sebagai ‘peringatan efektif’,” kata Philip Luther, Direktur Program Timur Tengah dan Afrika Utara Amnesty International. (dw)

Video dapat dilihat di: http://www.youtube.com/watch?v=waSPsI9-ge8

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL