palestina-borderTel Aviv, LiputanIslam.com—Pejabat militer Israel mengatakan pada Minggu (25/09/16) bahwa pembangunan pembatas bawah tanah yang mengelilingi Gaza akan diselesaikan secepat mungkin, yaitu dalam waktu beberapa bulan ke depan.

“Jika biaya yang masuk tepat, pembangunan dinding pembatas ini akan selesai dalam waktu beberapa bulan,” kata pejabat tersebut.

Berdasarkan laporan dari website berita Israel Ynet yang dirilis pada tanggal 7 September lalu, pembatas tersebut akan dibangun di dalam dan di atas tanah.

Media Israel lain juga melaporkan bahwa perusahaan Israel sedang mencari kerjasama dengan perusahaan internasional yang berspesialisasi dalam membangun dinding bawah tanah. Namun, beberapa perusahaan asing dilaporkan menolak kerjasama ini karena terdapat isu politik yang sensitif.

Militer Israel mengklaim proyek ini bertujuan untuk menutup terowongan bawah tanah yang menjadi tempat aktivitas organisasi Hamas.

Hamas mengatakan terowongan bawah tanah tersebut dibutuhkan rakyat Gaza sebagai tempat berlindung dari dari serangan bom Israel. Terowongan tersebut juga digunakan untuk mengirim suplai makanan dan bensin ke Tepi Barat.

Pada bulan April, Tel Aviv melanjutkan pembangunan dinding pembatas yang memisahkan kawasan Tepi Barat dengan kawasan pendudukan Palestina yang lain. PBB melaporkan pembangunan tersebut sudah hampir mencapai 60 kilometer. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL