ISIL militants attack Syrian village, burn houses, kidnap people

sumber foto; al alam

Damaskus, LiputanIslam.com — Militan radikal di Suriah telah menyerang dan menghancurkan sebuah tempat ibadah  di sebuah desa di wilayah Suriah bagian utara, membakar rumah dan menculik penduduk setempat.

Militan yang disebut ISIS/ISIL menyerang desa desa Tel Marouf, yang terletak dekat kota Qamishli, dan membakar rumah-rumah tempat ibadah kaum Sufi milik Sheikh Khaznawi. Desa Tel Marouf sebagian besar dihuni oleh orang-orang Kurdi.

Para militan juga menculik sekitar 50 warga desa, termasuk beberapa wanita dan anak-anak. Serangan itu terjadi saat pasukan pemerintah Suriah mendapatkan kemajuan dari operasi militer melawan teroris yang disponsori negara asing  yang digelar di Allepo dan Homs.

Sejumlah militan dari al-Nusra yang berafiliasi dengan al- Qaeda dilaporkan tewas dalam operasi militer Suriah di kota Rastan di Homs. Di Aleppo, puluhan militan juga tewas dalam bentrokan dengan pasukan pemerintah Suriah. Tentara Suriah telah meningkatkan operasi sapu bersih terhadap kelompok-kelompok militan di seluruh negeri.

Suriah telah tenggelam dalam perang mematikan sejak Maret 2011 ketika protes pro – reformasi berubah menjadi pemberontakan besar-besaran menyusul ikut campurnya negara-negara Barat dan regional dalam konflik Suriah. Akibatnya, 130.000 jiwa telah melayang dan jutaan lainnya mengungsi. (LiputanIslam.com/al-alam/AF)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*