Sumber: Presstv

Tehran,LiputanIslam.com—Seorang komandan senior Iran sekaligus wail komandan IRGC menyatakan bahwa Iran telah memiliki kontrol penuh atas wilayah Teluk Persia. Ia menilai kapal perang AS yang dikerahkan ke Teluk tersebut bisa memasuki wilayah itu di bawah persetujuan Iran.

“Beberapa tahun terakhir, pasukan kami telah mendapatkan kontrol penuh atas Teluk Persia. Atas dasar itu, kapal-kapal perang AS yang beroperasi di wilayah ini harus mendapatkan izin dari kami,” ucap Ali Fadavi, seperti dikutip Presstv pada Kamis (23/5).

“Segala hal di utara selat Hormus berada di bawah kendali kami,” tegasnya, merujuk pada jalur pengiriman minyak yang menghubungkan Teluk Persia menuju laut Oman.

Baca: Foto: Antara Pasukan AS dan Rudal Iran

Komentar Fadavi datang pasca beroperasinya kapal-kapal perang AS melalui Selat Hormuz dan memasuki Teluk Persia tanpa mengalami gangguan sedikitpun.

Ketegangan antara Tehran dan Washington terlihat semakin kuat pada akhir April lalu, saat AS memperketat sanksi minyaknya terhadap Iran demi menurunkan ekspor Republik Islam tersebut menjadi nol.

Sementara itu, Iran menyebut langkah-langkah yang diterapkan oleh AS akan berujung pada kegagalan. Sebab, Iran memiliki beberapa peluang di atas meja yang tetap memberikan kesempatan bagi minyak-minyak iran beredar di pasar global. Selebihnya, Iran tentu memiliki kartu As sendiri, yaitu ancaman menutup Selat Hormuz.  (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*