Victoria boat in ashdod port  16-3-11Teheran, LiputanIslam.com — Republik Islam Iran membantah tuduhan Israel tentang keterlibatannya dalam upaya pengiriman rudal-rudal ke Gaza yang digagalkan Israel baru-baru ini. Kelompok “Perlawanan” Palestina Hamas dan Jihad Islam juga membantah terlibat dalam pengiriman rudal tersebut.

Deputi Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan kepada wartawan, Rabu (5/3), bahwa tuduhan Iran telah mengirimkan rudal-rudal modern ke Gaza sebagai “tidak berdasar”. Bantahan tersebut diberikan setelah Israel sebelumnya pada hari yang sama, mengklaim berhasil menggagalkan pengiriman rudal-rudal canggih dari Iran menuju ke Gaza.

Mendagri pemerintahan Palestina yang dipimpin kelompok Hamas di Gaza, juga membantah tuduhan tersebut dan menyebutnya sebagai upaya Israel untuk menjustifikasi blokade yang dilakukannya terhadap Gaza yang telah berlangsung selama 7 tahun.

Israel pada hari Rabu (5/3) mengklaim kapal perangnya menangkap kapal kargo yang berisi rudal-rudal modern di perairan Laut Merah. Kapal tersebut disebut Israel berasal dari Iran dan tengah menuju ke Gaza.

Israel secara ilegal telah melakukan blokade terhadap Gaza menyusul kemenangan kelompok perlawanan Hamas dalam pemilu yang demokratis tahun 2006. Akibat blokade tersebut sebanyak 1,7 juta penduduk Palestina di wilayah tersebut mengalami penderitaan hebat dan harus mengandalkan hidupnya dari bala bantuan PBB, misi-misi kemanusiaan swasta yang terbatas dan penyelundupan melalui terowongan-terowongan yang menghubungkan Gaza dengan Sinai, Mesir.

Namun bahkan ketika Mesir dipimpin oleh Presiden Mohammad Moersi dari kelompok Ikhwanul Muslimin yang merupakan “saudara tua” kelompok Hamas, Mesir bahkan menghancurkan terowongan-terowongan tersebut.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL