safina

Sumber foto: Alahednews

LiputanIslam.com — Informasi yang bersumber dari militer Iran, dinyatakan bahwa Iran menolak laporan media-media Barat dan Israel yang menyatakan bahwa Israel telah mencegat kapal yang mengangkut rudal jarak menengah dari Iran yang sedianya akan diberikan kepada Palestina.

Pada hari Rabu (5/3), beberapa media Barat dan Israel   mengklaim bahwa pasukan angkatan laut Zionis ini telah mencegat kapal senjata Iran yang membawa rudal jarak menengah di Laut Merah. Mereka lebih lanjut menyatakan bahwa pengiriman itu menuju Jalur Gaza melalui Sudan.

Menteri Perang Moshe Ya’alon, memberikan statemen tentang dugaan kapal tersebut, “Sesuatu yang terkuak dari operasi ini adalah adanya entitas teroris, yang merupakan [perpanjangan] dari militer Iran, yang didanai, dan dipersenjatai oleh Iran,” tegasnya.

Sementara itu pernyataan dari Kepala Staf Israel yaitu Benny Gantz menegaskan bahwa tidak ada transfer senjata yang terjadi antara Iran dan sekutunya. “Operasi berjalan dengan gagah berani dan cerdas, keberhasilan kami bukan hanya menggagalkan transfer senjata, namun juga membuktikan/ mengekspos bahwa  Iran sedang melakukan aksi terorisnya. Besarnya senjata dan amunisi belum terungkap, dan nantinya akan dipublikasikan.”

Tanggapan Iran atas klaim Israel, melalui FNA pada hari Rabu, sumber informasi di Angkatan Bersenjata Iran menolak laporan berita tentang pengiriman senjata buatan Iran dan menyebutkan hal tersebut sebagai kebohongan belaka. Senada dengan pernyataan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Hamas yang juga mengatakan pada hari  Rabu bahwa  berita penyitaan pengiriman senjata oleh Israel adalah dalih untuk membenarkan blokade Gaza.

Selanjutnya dijelaskan bahwa Hamas tahu kondisi zona maritim Gaza berada di bawah pengawasan Israel dan setiap kapal yang mencoba untuk melewatinya akan dihentikan, sehingga kelompok perlawanan di Gaza tidak akan senaif itu – membiarkan pengiriman senjata melalui laut. (LiputanIslam.com/alahednews/af)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL