iran- ballistic-missilesTeheran, LiputanIslam.com — Iran berhasil melakukan ujicoba 2 rudal terbarunya, sebuah rudal ballistik dan rudal kendali laser, Senin (10/2) atau sehari sebelum puncak peringatan ulang tahun ke 35 HUT Revolusi Iran tahun 1979. Demikian pernyataan Menhan Iran Brigjen Hossein Dehqan di Teheran, Senin kemarin.

“Generasi terbaru rudal balistik jarak jauh darat ke darat dengan hulu ledak fragmentasi, dan rudal kendali laser udara ke darat dan darat ke darat, telah berhasil dilakukan uji tembak,” kata Menhan Iran kepada pers.

Menhan menyebut, kedua rudal yang dibuat seluruhnya oleh ahli-ahli dalam negeri itu mampu mengatasi sistem-sistem  pertahanan rudal lawan dan menghancurkan beberapa sasaran sekaligus.

Sedangkan rudal kendali laser yang diberi nama “Bina”, mampu ditembakkan dari udara ataupun dari darat dengan tingkat keakurasiana tinggi.

“Rudal ini mampu menembak sasaran penting seperti jembatan, tank-tank, dan pusat komando lawan dengan keakurasian tinggi,” tambah Menhan Iran.

Hossein Dehqan menegaskan bahwa dengan kemajuan-kemajuan yang dicapai Iran, telah terbuktikan bahwa Iran akan tetap berkembang maju, meskipun mendapatkan berbagai sanksi dari negara-negara barat.

Sementara itu secara terpisah, komandan AU Iran Hassan Shah-Safi mengatakan di hadapan jajaran pimpinan AU Iran serta atase-atase pertahanan asing di Iran, bahwa kekuatan militer Iran telah membuat musuh membuang keinginan untuk melakukan serangan militer terhadap Iran.

“Kami pastikan bahwa kekuatan militer Iran telah mencegah musuh untuk sekedar berfikir menyerang,” kata Shan-Safi di Teheran, Senin (10/2).

Ia juga menambahkan bahwa pertempuran-pertempuran di masa depan akan banyak terjadi di udara. Untuk itu AU Iran telah melakukan pendekatan baru dan menfokuskan perhatiannya pada pengembangan pesawat-pesawat tempur.

“Pemahaman yang tepat tentang status quo, bersama dengan kemajuan ke arah pemenuhan kebutuhan militer dan personilnya telah mengantarkan kami ke tingkat kesiapan untuk menghadapi setiap konfrontasi udara,” tambah Shah-Safi.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL