KhameneiTeheran, LiputanIslam.com — Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Sayyed Ali Khamenei menyerukan kepada mahasiswa Iran untuk bersiap menghadapi era perang siber.

“Siapkan diri kalian dengan sepenuh hati untuk menghadapi perang semacam itu,” kata Ayatollah sebagaimana dikutip kantor berita Mehr.

Seruan tersebut diyakini merupakan respon atas pernyataan seorang pejabat militer Israel, Mayjend Aviv Kochavi, yang mengatakan bahwa serangan siber segera akan menjadi “revolusi terbesar dalam peperangan.”

Iran telah menuduh Amerika dan Israel sebagai pelaku serangan siber terhadap reaktor nuklir Bushehr pada tahun 2010 dan 2012 yang membuat operasional reaktor nuklir pembangkit energi tersebut terhambat.

 

Bangun Destroyer Baru

Sementara itu panglima AL Iran Rear Admiral Habibollah Sayyari pada hari Selasa (11/2) mengumumkan bahwa Iran telah memiliki kemampuan untuk membuat kapal-kapal destroyer dengan berbagai tipe, termasuk yang berpeluncur torpedo.

Hal itu disampaikannya terkait dengan keberhasilan Iran membangun beberapa kapal destroyer. Kapal destroyer pertama buatan Iran adalah Jamaran pada bulan Februari 2010. Sisusul kemudian dengan Jamaran II dan Shaheed Bayandor tahun 2013. Kini Iran tengah membangun destroyer paling canggihnya, Damavand.

Destroyer Jamaran berbobot 1.420 ton, dilengkapi dengan sistem radar canggih serta perlengkapan elektronik lainnya. Kapal ini juga dilengkapi dengan helipad yang bisa mengangkut helikopter serbu maupun pengintai. Selain itu kepal ini juga memiliki kecepatan mengagumkan, yaitu mencapai 30 knots.

Untuk persenjataannya Jamaran dilengkapi dengan torpedo, kanon, sistem pertahanan udara canggih hingga rudal-rudal anti kapal dan anti kapal selam.((ca/almanar.com.lb/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL