Tehran-IIPUTeheran, LiputanIslam.com — Presiden Iran Hassan Rouhani menyerukan negara-negara Islam untuk bersatu menghadapi tantangan bersama.

Berpidato di hadapan peserta pertemuan Islamic Inter-Parliamentary Union (IIPU) atau organisasi anggota-anggota parlemen negara-negara Islam, hari Selasa (18/2), Rouhani menyebut dunia Islam saat ini tengah menghadapi tantangan dan ancaman global.

Rouhani menyebutkan bahwa dalam jangka panjang berbagai ragam tantangan akan dihadapi oleh umat Islam di seluruh dunia, kecuali umat Islam menghadapinya dengan tegas.

Rouhani menyinggung bencana yang terjadi di Suriah serta agresi Israel atas Palestina, sebagai bentuk-bentuk tantangan yang dihadapi umat Islam. Untuk itu ia menyebut, hanya dengan persatuan dan solidaritas umat Islam, masalah-masalah itu dapat teratasi.

Rouhani selanjutnya menambahkan bahwa semua masalah yang dihadapi umat Islam hanya memberikan keuntungan kepada rezim zionis Israel. Ia juga mengutuk penggunaan kekerasan dan ekstremisme terhadap umat Islam dengan dalih memerangi terorisme. Tidak lupa, Rouhani juga mengingatkan para peserta pertemuan tentang nilai-nilai agama Islam untuk menghadapi segala bentuk masalah secara luas.

Memerangi ekstremisme, hambatan-hambatan demokrasi di negara-negara Islam, kerjasama teknik dan sains serta isu Palestina menjadi pembahasan utama pertemuan IPPU di Teheran, Iran.

IIPU dibentuk tahun 1999 atas inisiatif Iran dengan tujuan utama memperkuat kerjasama antar parlemen negara-negara Islam dunia untuk menghadapi tantangan di dunia Islam.

Pertemuan yang berlangsung 2 hari (18-19 Februari 2014) ini merupakan pertemuan yang ke-9. Pertemuan kali ini diikuti oleh 47 negara Islam, 28 di antaranya dipimpin langsung oleh ketua parlemen negara tersebut.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL