Iran is testing the subsystems of Bavar (1)Teheran, LiputanIslam.com — Iran akan menuntaskan penggelaran sistem pertahanan udara modern Bavar-373 yang diklaim lebih baik daripada S-300 buatan Rusia, pada tahun 2016 mendatang.

“Infrastruktur untuk produksi Bavar-373 telah siap dibangun dan hambatan dalam proyek ini telah dibuang,” kata Komandan Pangkalan Pertahanan Udara Khatam al-Anbiya, Brigjen Farzad Esmaili kepada media Iran, Sabtu (15/2).

“Kami berharap pada akhir rencana (tahun 2016), kita akan melihat sistem persenjataan yang lebih baik daripada S-300 ini menjadi bagian dari sistem pertahanan Iran,” tambah Esmaili.

Di bawah kontrak yang ditandatangani tahun 2007, Rusia diwajibkan mengirimkan setidaknya 5 sistem pertahanan udara S-300. Namun Rusia membatalkan pengiriman setelah PBB menyatakan senjata tersebut berada di bawah payung sanksi PBB terhadap Iran terkait program nuklir Iran.

Sekedar perbandingan, S-300 dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan udara terbaik di dunia. Senjata ini mampu melacak dan menembak dengan tepat sejumlah sasaran sekaligus. Senjata ini juga “kebal” terhadap berbagai jenis serangan elektronik lawan.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL