Sumber: AFP

Tehran,LiputanIslam.com—Beberapa negara Eropa yang tergabung dalam Persetujuan Nuklir Iran (JCPOA) telah gagal memenuhi komitmen mereka yang tertuang dalam persetujuan tersebut. Jubir Parlemen Iran di Komisi Pertahanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri, pada Sabtu (30/11), menyebut Uni Eropa telah gagal menyelamatkan kepentingan ekonomi Iran.

“Tujuan Iran mengurangi komitmen JCPOA adalah untuk merubah sikap anggota-anggota lainnya, juga untuk menunjukkan protes terkait kegagalan anggota lainnya memenuhi kewajiban mereka,”ucap Hossein Naqavi Hosseini kepada Tasnim News.

Awal November lalu, pengurangan komitmen Iran terhadap JCPOA telah memasuki fase keempat. Dampaknya, Iran mulai memperkaya uranium.

Baca: Angkatan Laut Iran Mulai Produksi Rudal Jelajah “Jask” Secara Massal

Pada Mei, setahun usai Amerika keluar dari JCPOA, Tehran mengumumkan akan mengurangi komitmennya di JCPOA secara bertahap setiap 60 hari, kecuali jika para anggota JCPOA lainnya ikut membantu menyelamatkan kepentingan-kepentingan Iran.

JCPOA awalnya telah disepakati pada 2015 oleh Iran, Cina, Prancis, German, Inggris, Rusia, dan Amerika. Namun, usai Trump menggantikan Barack Obama sebagai presiden Amerika, Trump langsung menarik Amerika keluar dari JCPOA dan mulai menjatuhkan sanksi terhadap Iran.

Amerika menargetkan sektor ekonomi Iran, khususnya di sektor perminyakan dan mengancam negara manapun yang bekerjasama dengan Iran. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*