gas iranIran tengah mencari cara untuk bisa mengekpor gas alam secara efisien ke India dengan melalui pipa bawah laut. Demikian keterangan dubes Iran untuk India Gholam Reza Ansari dalam sebuah konperensi hari Jumat (17/1).

Menurut Ansari India sangat berminat untuk mendapatkan gas alam Iran melalui pipa bawah laut, namun Iran belum memiliki teknologi untuk merealisasikan hal itu. Namun ia menyebutkan bahwa Iran akan berusaha merealisasikan keinginan itu dengan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing yang menguasai teknologinya.

Ansari menegaskan bahwa Iran sangat berkepentingan untuk mendiversifikasi hubungan ekonomi dengan India melalui beberapa bentuk kerjasama seperti “joint ventures”, investasi dan transfer teknologi.

Pada bulan Desember 2013 lalu, Ali Amirani, Direktur Marketing National Iranian Gas Exports Company (NIGEC), setelah melakukan proses negosiasi dengan 3 perusahaan India, mengatakan bahwa Iran setuju untuk mengekspor gas alamnya ke India melalui pipa bawah laut melewati Laut Oman. Ia juga mengatakan bahwa Iran dan India berencana untuk memulai perundingan ekspor gas alam pada awal tahun ini setelah finalisasi kesepakatan diselesaikan awal tahun ini.

Amirani menyatakan bahwa perusahaan energi India South Asia Gas Enterprise Pvt. Ltd. (SAGE) telah melakukan studi kelayakan pembangunan pipa gas bawah laut sepanjang 1.400 km senilai $ 4-5 miliar yang mampu mengalirkan 31 juta kubik meter per-hari ke India.(CA/Fars News)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL