iran_test_launch_reutersTeheran, LiputanIslam.com — Angkatan Bersenjata Iran mengumumkan alat pemandu rudal balistik pintar serta baja komposit tahan ledakan modern sebagai prestasi militer terbaru negara itu.

Kedua alat tersebut telah dirancang dan diproduksi oleh para ahli Kementerian Pertahanan Iran dan diperkenalkan di hadapan Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan, dan Panglima Angkatan Bersenjata Mayor Jenderal Hassan Firouzabadi serta para komandan senior Iran, pada hari Senin (24/2).

Pemandu sasaran cerdas untuk rudal balistik adalah sistem yang mengembangkan kemampuan untuk menentukan target lebih tepat di laut dan permukaan tanah dan akan meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Bersenjata Iran secara signifikan.

Teknologi rudal baru ini meningkatkan keakurasian dan kecerdasan rudal balistik dan memiliki daya hancur serta kemampuan untuk mengatasi sistem anti rudal musuh.

Iran sekarang berada di antara sangat sedikit negara-negara maju yang memiliki teknologi tinggi yang digunakan dalam persenjataan strategisnya.

Angkatan Bersenjata Iran juga meluncurkan baja komposit pintar yang dibangun dari Shear Thickening Fluid (STF) atau baja cair. Material ini dapat menahan peluru-peluru anti-baja dan dibangun sesuai dengan standar internasional.

Material ini juga mengurangi berat baja sebesar 76 persen  sangat meningkatkan mobilitas peralatan-peralatan lapis baja Angkatan Bersenjata Iran.

Dalam beberapa tahun terakhir Iran telah membuat prestasi besar di sektor pertahanan dan mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan militer penting dan sistem pertahanan strategis.

Republik Islam juga secara rutin telah mengadakan beberapa latihan militer untuk meningkatkan kemampuan pertahanan angkatan bersenjatanya dan untuk menguji taktik militer dan peralatan modernnya.

Iran berulang kali menyatakan bahwa kekuatan militernya tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara lain, dan bersikeras bahwa doktrin pertahanannya didasarkan pada pencegahan.(CA/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL