Zarif-AshtonVienna, LiputanIslam.com — Iran dan kelompok negara-negara P5+1 (Amerika, Inggris, Perancis, Rusia, Cina, Jerman) memulai lagi putaran baru pembicaraan tentang program nuklir Iran, di ibukota Austria, Vienna, Selasa  (18/3).

Pertemuan dimulai dengan satu pertemuan antara Menlu Iran Mohammad Javad Zarif dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton di Markas PBB di Vienna, hari Senin kemarin (17/3).

Rapat pleno juga dijadwalkan untuk merangkum jalannya perundingan antara Iran dan P5+1.

Seyyed Abbas Araqchi, yang merupakan ketua tim negosiasi program nuklir Iran sekaligus deputi menlu Iran, juga bertemu dengan Helga Schmid, salah seorang deputi Ashton, pada hari Senin. Kedua pihak berhasil mencapai kesepakatan tentang agenda pembicaraan putaran terbaru tersebut.

Menurut keterangan Menlu Iran Zarif, perundingan antara Iran dan P5+1 akan difokuskan pada masalah pengayaan uranium dan reaktor Arak. Ia menyebutkan, hari Senin,  bahwa kedua pihak juga akan “bertukar pandangan tentang kerjasama dan sanksi-sanksi atas program nuklir damai”.

Putaran baru ini merupakan kelanjutan dari puaran sebelumnya di tempat yang sama yang berakhir tgl 20 Februari lalu.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*