bushehrTeheran, LiputanIslam.com — Iran akan mulai pembangunan tahap II reaktor nuklir Bushehr di selatan Iran pada bulan April mendatang. Demikian keterangan pejabat tinggi Iran hari Sabtu (1/3).

Asghar Zare’an, Deputi Managing Director Protection and Security at the Atomic Energy Organization of Iran (AEOI), mengatakan bahwa pembangunan tahap II reaktor nuklir Bushehr akan dimulai bersamaan dengan Hari Teknologi Nuklir Nasional yang jatuh tanggal 9 April mendatang. Ia juga menambahkan bahwa pada tanggal tersebut Iran juga akan meluncurkan teknologi baru “vaccine separator centrifuge machine”.

Pada bulan Februari lalu Rosatom State Nuclear Energy Corporation dari Rusia mengumumkan bahwa Iran dan Rusia tengah menegosiasikan pembangunan tahap II reaktor Bushehr.

Pembangunan pertama reaktor Bushehr dimulai tahun 1975 oleh perusahaan-perusahaan Jerman, namun terhenti ketika terjadi revolusi tahun 1979. Pembangunan dilanjutkan kembali tahun 1995 oleh Rusia meski sempat beberapa kali terhenti karena masalah teknis dan finansial.

Reaktor tersebut secara resmi beroperasi September 2011, dengan tingkat produksi energi listrik sebesar 40 persen dari kapasitasnya.

Pembangkit listrik 1.000 megawatt ini bekerja di bawah pengawasan badan atom internasional International Atomic Energy Agency (IAEA), berhasil mencapai produksinya pada bulan Agustus 2012. Pada bulan September 2013, Iran secara resmi mengambil alih pengelolaan reaktor tersebut dari Rusia.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL