Ukrainians must be free to determine own fate: Iran

Sumber foto: al-Alam

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dalam pernyataanya, menolak setiap campur tangan asing dalam urusan internal Ukraina, dan menekankan bahwa Ukraina harus diizinkan untuk menentukan nasib mereka sendiri .

Teheran percaya dengan adanya intervensi asing yang mempengaruhi perkembangan Ukraina baru-baru ini, dan menurutnya hal tersebut tidak  akan membantu memperbaiki situasi negara Ukraina. Hal tersebut diungkapkan Zarif pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Polandia Radosław Sikorski di Teheran pada hari Sabtu (01/3).

“Ukraina yang harus menentukan nasib negara mereka, sehingga ke depan kita tidak perlu menyaksikan kembali adanya konflik dan kekerasan di negara tersebut,” tambah  Zarif.

Selama pertemuan sebelum konferensi pers, menteri luar negeri Iran dan Polandaia  membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan kerjasama Teheran – Warsawa dan isu-isu lain yang menjadi kepentingan bersama.

Menteri luar negeri Iran berbicara tentang upaya yang dilakukan untuk mengatur perusahaan Polandaia agar beroperasi di Iran, dan mengatakan bahwa perluasan hubungan kerjasama ekonomi akan menguntungkan kedua negara.

Diplomat t Polandia,  mengatakan bahwa  Iran merupakan negara yang penting bagi Polandia dan mengungkapkan ketertarikan dari pemerintah di negaranya untuk meningkatkan kerjasama dengan Teheran terutama di bidang kedokteran dan industri makanan.

Kerusuhan meletus di Ukraina pada bulan November 2013, ketika presiden terguling Viktor Yanukovych, menolak menandatangani  Perjanjian Asosiasi dengan Uni Eropa dan justru merapat kepada Rusia. Rusia telah berulang kali menuduh Barat ikut campur dalam urusan internal Ukraina dan memicu krisis di negara itu. (LiputanIslam.com/AF)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*