MaritimeTeheran, LiputanIslam.com — Komandan Senior Angkatan Laut Iran mengumumkan pada hari Sabtu (8/2) bahwa  Iran telah mengirim beberapa armada kapal perang ke perbatasan maritim AS, seperti yang dilaporkan FNA.

Komandan Angkatan Laut  Armada Utara Laksamana Afshin Rezayee Haddad mengatakan; “Angkatan Laut Iran sudah memulai perjalanan mereka menuju Samudra Atlantik melalui perairan dekat Afrika Selatan, yang bertujuan mendekati perbatasan maritim Amerika Serikat, dan langkah ini mengandung pesan.”

Pada bulan September 2012, Komandan Angkatan Laut Iran Laksmana Habibollah Sayyari menegaskan rencana Iran untuk berlayar di  pantai lepas AS untuk menjawab kehadiran armada AS di perairan  Teluk Persia .
Sayyari telah mendapatkan informasi lebih awal tentang rencana Teheran untuk mengirim pasukan angkatan lautnya ke Atlantik dan mengambil posisi di sepanjang perbatasan laut AS, dan pada September 2012 Sayyari mengatakan bahwa hal  ini akan terjadi dalam beberapa tahun mendatang.

Rencana ini merupakan bagian dari respon Iran atas kehadiran angkatan laut Washington yang mengalami peningkatan di Teluk Persia. Angkatan Laut AS yang kelima ( berbasis Bahrain) berlabuh di Teluk Persia yang merupakan wilayah Iran.  Amerika Serikat juga telah melakukan dua kali latihan perang maritim besar dalam dua tahun terakhir.

Sedangkan pada September 2011, Sayyari telah mengumumkan bahwa Iran  berencana untuk memindahkan kapal perang Iran ke Samudera Atlantik untuk memulai melakukan ‘penumpukan’ angkatan laut  di dekat perbatasan maritim Amerika Serikat.

Sayyari dalam statemennya berkata: “Sebagaimana halnya  kekuatan arogan yang telah hadir di dekat perbatasan maritim kita, kita juga akan menghadirkan kekuatan di dekat perbatasan laut Amerika.”

Angkatan Laut Iran telah mengembangkan pelayarannya di perairan internasional sejak tahun 2010, secara teratur meluncurkan kapal di Samudra Hindia dan Teluk Aden untuk melindungi kapal-kapal Iran dari perompak Somalia yang beroperasi di daerah tersebut. (LiputanIslam.com/almanar/AF)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL