iran submarineTeheran, LiputanIslam.com — Komandan Angkatan Laut Republik Islam Iran mengumumkan bahwa Iran akan kembali meluncurkan sebuah kapal selam yang dirancang dan diproduksi di dalam negeri untuk memastikan keamanan maritim bagi kapal-kapal Iran.

“Setelah pembuatan kapal selam Ghadir oleh para ahli di AL Republik Islam Iran, kapal selam Fateh akan dipamerkan pada awal tahun depan (tahun kalender Iran yang dimulai 21 Maret),” kata Laksamana Habibollah Sayyari dalam sebuah upacara di Bushehr, sebuah kota pelabuhan di selatan Iran, Ahad (9/3).

Ia menambahkan, mengingat manfaat besar dan strategis laut untuk Iran, maka Iran harus bisa memanfaatkan sumber daya-sumber daya yang ada sejalan dengan pembangunan berbasis laut. Sayyari lebih lanjut menandaskan, pasukan AL Iran telah melakukan berbagai patroli anti-pembajakan di daerah yang membentang dari Samudera Hindia ke Tanduk Afrika di lepas pantai Somalia.

Pejabat senior AL Iran itu menyatakan harapan bahwa terciptanya keamanan maritim di kawasan itu akan membantu pencapaian berbagai manfaat ekonomi.

Sejauh ini, Iran telah meluncurkan berbagai kapal selam canggih dengan kelas yang berbeda, termasuk Fateh, Ghadir, Qaem dan Nahang. AL Iran pada bulan September 2012 telah meluncurkan kapal selam super berat, Tareq 901 yang telah dirombak oleh para ahli negara itu.

Sejalan dengan upaya-upaya internasional untuk memerangi pembajakan, AL Iran telah melakukan patroli di Teluk Aden sejak November 2008 dalam rangka melindungi kapal-kapal kargo dan tanker yang melalui teluk tersebut.(ca/IRIB Indonesia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*