Iran-coast-guardTeheran, LiputanIslam.com — Panglima AL Iran Rear Admiral Habibollah Sayyari, hari Selasa (18/3) mengumumkan dilangsungkannya latihan perang laut antara Iran dengan Oman di kawasan Teluk Parsi. Latihan akan dilangsungkan tgl 7 April mendatang.

Pengumuman Sayyari tersebut dilakukan saat berkunjung ke pameran teknologi kelautan Iran di kota Noshahr, Iran utara.

Iran dan Oman telah berulangkali melakukan latihan laut bersama yang dalam rangka meningkatkan kemampuan penanganan bencana kelautan sekaligus peningkatan hubungan kedua negara.

Selain itu Sayyari juga mengatakan bahwa Iran akan meningkatkan kehadiran angkatan lautnya di lautan lepas, seraya menyebutkan Armada ke-30 AL Iran akan dikirimkan ke dekat benua Afrika.

Dalam beberapa tahun terakhir, AL Iran telah meningkatkan patroli lautnya di beberapa kawasan yang rawan kejahatan laut, untuk memberikan  perlindungan bagi armada kapal-kapal dagang Iran. Sejalan dengan kerjasama internasional melawan pembajakan, kapal-kapal Iran secara rutin melakukan patroli di Teluk Aden sejak November 2008. Selama itu pula AL Iran telah berkali-kali berhasil menggagalkan pembajakan terhadap kapal-kapal Iran maupun kapal dagang negara lain.

Selain dengan Oman, Iran juga telah merencanakan untuk melakukan latihan serupa dengan AL Qatar. Hal itu disampaikan oleh komandan AL Iran Brigjen Seyyed Ali Mohammed Salami di sela-sela acara Pertemuan Kerjasama Pengawal Pantai Iran-Qatar akhir tahun lalu. Namun Iran belum menjelaskan kapan rencana tersebut dilaksanakan.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL