Iran_Britain_flagsTeheran, LiputanIslam.com — Iran dan Inggris akhirnya memulihkan hubungan diplomatik kedua negara yang putus sejak tahun 2011 lalu. Demikian laporan media Iran Press TV mengutip pernyataan pejabat “non-resident chargé d’affaires” (pejabat diplomatik sementara) Iran untuk Inggris, Mohammad Hassan Habibollahzadeh, hari Kamis (20/2).

“Setelah pertemuan para menteri kedua negara bulan September tahun lalu di New York, disetujui untuk membentuk kembali hubungan antara Iran dan Inggris. Tahap selanjutnya mereka membentuk dua pos jabatan “chargés d’affaires” dan sejak hari ini, 20 Februari (2014) kita memulai hubungan langsung satu sama lain. Kemudian, saat ini, ada hubungan langsung antara kedua negara,” kata Mohammad Hassan Habibollahzadeh.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif dan Menlu Inggris William Hague bertemu di New York bulan September 2013, dimana keduanya membicarakan peningkatan hubungan kedua negara berdasarkan prinsip saling menghargai.

Sebulan kemudian kedua negara sepakat mengangkat pejabat “non-resident chargés d’affaires” sebagai tahap awal pemulihan hubungan. Pada bulan Desember 2013, pejabat “non-resident charge d’affaires” Inggris untuk Iran, Ajay Sharma mengunjungi Teheran untuk berkonsultasi dengan para pejabat Iran tentang pembukaan kembali misi diplomatik Inggris di Iran.

Hubungan kedua negara merenggang sejak November 2011, setelah parlemen Iran setuju untuk menurunkan tingkat hubungan kedua negara sebagai reaksi atas keputusan Inggris untuk memberikan sanksi ekonomi terhadap Iran karena program nuklir Iran.

Dua hari kemudian ratusan mahasiswa Iran melakukan aksi demonstrasi di depan kedubes Inggris di Iran dan menurunkan bendera Inggris serta menuntut pengusiran para diplomat Inggris di Iran. Setelah insiden tersebut Inggris pun menarik diplomatnya dan menutup kantor kedubes Inggris.

Selama periode putusnya hubungan kedua negara, Oman menjadi wakil Iran untuk mengurusi kepentingan Iran dengan Inggris.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL