iran thunderboltTeheran, liputanislam.com — Iran telah berhasil membuat pesawat tempur generasi baru yang seluruhnya dibuat di dalam negeri. Demikian keterangan seorang pejabat tinggi miligter Iran baru-baru ini.

“Pesawat jet tempur generasi terbaru “Saeqeh” (Thunderbolt) ini dilengkapi dengan kokpit ganda yang terpisah,” kata wakil panglima AU Iran Brigjen Alireza Barkhor, hari Minggu (2/2).

Menurut keterangan Alireza, pesawat ini akan segera diresmikan pengoperasiannya dalam beberapa bulan mendatang.

“Saeqeh” memiliki kemampuan menembakkan berbagai jenis roket, bom dan rudal dan dilengkapi dengan sistem radar yang canggih. Selain itu pesawat ini juga diklaim memiliki daya manuver dan akselerasi yang tinggi dan dengan tingkat kesalahan yang kecil.

Pada bulan September 2010 lalu Iran telah meluncurkan versi lama “Saeqeh” dalam sebuah pameran dirgantara di Teheran. Peluncuran “Saeqeh” merupakan capaian terbaru dari serangkaian capaian yang berhasil dilakukan Iran dalam memperkuat kekuatan militernya di tengah-tengah sanksi ekonomi dan embargo senjata yang dilakukan negara-negara barat. Pada bulan November lalu, misalnya, Iran juga meluncurkan pesawat tanpa awak (drone) modern “Fotros” yang tidak saja mampu melakukan fungsi pengintaian dan mata-mata, namun juga fungsi tempur dengan kemampuan menembakkan rudal udara ke udara juga rudal udara ke darat hingga senjata anti kapal.

Kekuatan Arogan (Amerika) Khawatirkan Iran

Sementara itu secara terpisah pada hari yang sama, Menhan Iran Hossein Dehqan memberikan komentar pedas atas pernyataan bernada ancaman yang dilakukan secara berulangkali oleh pejabat-pejabat Amerika. Menurutnya, berbagai ancaman tersebut menunjukkan sebenarnya Amerika merasa terintimidasi dengan kemajuan yang diraih Iran.

“Musuh-musuh merasa terancam oleh kapabilitas dan kapasitas Republik Islam Iran,” kata Dehqan.

“Hari ini Iran berhasil melakukan langkah maju dengan mengandalkan kemampuannya sendiri,” tambahnya seraya menyebutkan bahwa kapasitas Iran telah memungkinkannya untuk menghadapi setiap musuh.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL