military-convoy-12Anbar, LiputanIslam.com — Helikopter militer Irak menyerang sebuah konvoi pemberontak Suriah karena mencoba mendekati perbatasan Irak pada Minggu (27/4). Ini bukan kali pertama militer Irak melakukan serangan terhadap pemberontak Suriah.

“Tentara menyerang delapan truk tanker di Wadi Suwab (sebuah wilayah Suriah yang berbatasan dengan Provinsi Anbar Irak). Mereka seperti mencoba masuk wilayah Irak untuk memberikan bantuan pada kelompok Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL),” kata Brigadir Jendera Saad Maan kepada Al Jazeera.

Akibat serangan terhadap delapan truk yang penuh penumpang ini, delapan orang dilaporkan tewas.

IISL memang gencar melakukan serangan di provinsi barat Irak. Mereka juga memegang kendali atas Kota Fallujah. Kelompok ini juga telah meluncurkan pengeboman di ibu kota Baghdad, termasuk serangan di dalam kampanye politik pada Jumat lalu dan menewaskan 36 orang.

ISIL muncul di Irak setelah adanya invasi militer yang dipimpin Amerika Serikat pada 2003. Mereka juga muncul di Suriah selama pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*