PM Irak Haider Abadi

PM Irak Haider Abadi

Baghdad, LiputanIslam.com–Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, mengumumkan bahwa pihaknya telah memulai proses untuk menggempur ISIS yang kini menduduki kota Fallujah.

Kota yang berjarak hampir 70 kilometer sebelah barat ibukota Baghdad ini merupakan kota strategis di provinsi Anbar dan diduduki ISIS  sejak 2014.

Dalam pidato yang disiarkan televisi Minggu malam, PM Irak mengumumkan dimulainya operasi pembebasan Fallujah dan menjanjikan kepada bangsa Irak bahwa “bendera Irak akan bangkit lagi” di Fallujah.

“Kota ini akan kembali di bawah kendali pemerintah seperti ratusan desa dan kota-kota lainnya, yang berhasil direbut kembali oleh tentara Irak, didukung oleh pejuang Syiah dan Sunni, demikian kata PM Irak, seperti dilansir Press TV.

“Pasukan yang bertugas memerangi teroris takfiri di Irak barat sudah mendekati momen kemenangan besar,” kata perdana menteri.

Kota barat Rutba yang juga di Provinsi Al Anbar, baru-baru ini berhasil direbut kembali oleh pasukan Irak. Pasukan Irak telah berjuang untuk mengakhiri kekerasan mengerikan yang melanda bagian utara dan barat negeri itu sejak teroris melancarkan serangan pada bulan Juni 2014, dan mengambil alih sebagian wilayah Irak.

Warga kota Fallujah mengalami berbagai kejadian mengerikan selama berada di bawah kontrok ISIS. Bulan ini, ISIS telah membakar hidup-hidup 15 orang yang mencoba kabur dari Kota Fallujah. Sebelumnya ISIS menangkap seorang perempuan yang berani bicara dalam siaran televisi, dimana dia meminta negara Barat menyelamatkan warga.

“Orang-orang sekarat karena kelaparan, tidak ada obat-obatan, tidak ada makanan, kami tidak punya pilihan lagi,” kata perempuan itu kepada stasiun televisi Al Arabiya.

Ketika dia semakin emosional dan tampak mulai menangis, dia mengatakan “Selamatkan kami dari ISIS atau bom saja kami dengan senjata kimia agar kami lekas mati dan tidak mati tersiksa pelan-pelan. Hanya Allahlah penolongku,” kata dia.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL