man1balikpapan2Jakarta, LiputanIslam.com — 100 sekolah anti-narkoba di seluruh Indonesia siap untuk dibina oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Demikian keterangan Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Khaerul Anam Haritsah kepada media, Rabu (7/5).

Khaerul Anam Haritsah, mengatakan, program tersebut akan dijalankan pada pertengahan Juni 2014 dengan melibatkan aktivis IPNU di sekolah dan guru.

“Sebelum program itu dijalankan akan digelar pelatihan fasilitator nasional antinarkoba di bebearapa wilayah dengan peserta pelajar dari sekolah-sekolah yang akan dipilih,” katanya di kantor PP IPNU, Gedung PBNU, Jakarta.

Pada program yang akan dijalankan selama satu setengah tahun tahun itu, pelajar akan diberi pelatihan penanggulangan dan narkoba, pembentukan volunter-volunter pelajar antinarkoba, dan lomba pembuatan proposal anti noarkoba.

Anam menambahkan, untuk program itu, PP IPNU menggandeng Yayasan Cinta Anak Bangsa serta Kedubes Amerika Serikat. “Tadi sore kami sudah bertemu dengan perwakilan Yayasan Cinta Anak Bangsa yang dipimpin Gilbert Claymondt di sekretariat IPNU membahas program tersebut,” kata Anam.

Kerja sama semacam itu, tambah Anam, sebelumnya pernah dilakukan PP IPNU pada masa kepemimpinan Mujtahidurridho (2003-2006). “IPNU kembali diajak menjalankan program tersebut karena dianggap punya komitmen memberantas narkoba di kalangan pelajar,” tambahnya.

Anam berharap, program tersebut nantinya tidak hanya berjalan di 100 sekolah, tapi di tempat-tempat lain. Menurut dia, seratus sekolah ini hanya “pilot project”.

Sementara itu Ketua Bidang Kerjasama Eksternal dan LSM PP IPNU, Muhammad Ikhsan Saruna, menambahkan, bentuk komitmen IPNU sebagai organisasi antinarkoba adalah kerjasama dengan Badan Narkota Nasional. “Ada MoU dengan BNN dalam upaya pencegahan narkoba di kalangan pelajar,” katanya.

Pada Pada Hari Anti Narkoba Indonesia lalu, IPNU juga dinobatkan sebagail salah satu organisasi berprestasi dalam bidang pencegahan antinarkoba yang diundang ke istana negara.(ca/nu.or.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL