NKOREA-SKOREA-POLITICS-KIMSeoul, LiputanIslam.com — Terlihat mengenakan tongkat setelah selama sebulan lebih menghilang dari depan publik, pemimpin Korut Kim Jong-un disebut-sebut telah menjalani operasi pengangkatan kista di kakinya.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (28/10) petang, kabar tentang operasi kaki Kim Jong-un itu disampaikan pimpinan inteligen Korsel dalam rapat dengan anggota parlemen, hari Selasa (28/10). Disebutkan juga bahwa operasi dilakukan oleh tim dokter ahli dari luar negeri selama bulan September dan Oktober.

Sebelumnya Kim tidak pernah menampakkan diri di depan publik selama lebih dari sebulan sebelum akhirnya menampakkan diri kembali bersama tongkat yang membantunya berjalan. Salah satu foto tersebut, dirilis oleh kantor berita Korut tanggal 14 Oktober lalu, memperlihatkan Kim tengah menginspeksi kompleks perumahan pegawai pemerintah.

Menurut inteligen Korsel panyakit kista Kim bisa kambuh lagi karena ia adalah seorang perokok, selain kesibukannya yang luar biasa sebagai kepala negara.

Kista yang diderita Kim berada di lutut kaki kirinya. Sedangkan tim medis yang mengoperasinya disebutkan berasal dari Eropa, meski tidak disebutkan secara tepat nama negaranya. Ini bukan pertama kalinya bagi pemimpin Korut mendapatkan perawatan dari luar negeri.

Ayah dan kakek Kim yang juga pemimpin tertinggi Korut, Kim Il Sung dan Kim Jong Il, juga mendapatkan perawatan kesehatannya dari dokter-dokter Perancis selama kepemimpinan mereka.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL