Intelligence Chiefs Testify At House Hearing On National Security ThreatsWashington, DC., LiputanIslam.com — Kekuatan pemberontak Suriah terlalu lemah untuk menjatuhkan pemerintahan Bashar al Assad. Demikian pernyataan Direktur National Intelligence James Clapper dalam rapat inteligen gabungan bersama komisi inteligen Senat Amerika, hari Selasa lalu (4/2).

“Saya perkirakan akan terjadi kebuntuan (konflik Suriah), dimana pemerintah dan pemberontak tidak bisa menjadi pemenang,” kata Clapper dalam rapat yang dihadiri seluruh jajaran inteligen Amerika. Clapper sendiri adalah pemimpin lembaga tertinggi inteligen Amerika yang membawahi seluruh lembaga inteligen termasuk CIA dan NSA.

Clapper juga menyoroti lambatnya upaya penghancuran senjata-senjata kimia Suriah sebagaimana telah menjadi kesepakatan antara pihak-pihak yang terlibat dalam konflik Suriah. Menurut Clapper, sejauh ini baru 2 pengiriman kapal yang telah dilakukan untuk membawa keluar senjata-senjata kimia Suriah dengan jumlah sekitar 53 metrik ton. Padahal diperkirakan jumlah yang harus dihancurkan mencapai ratusan metrik ton.

Clapper memperkirakan terdapat sekitar 7.500 orang pemberontak yang berasal dari 50 negara asing. Jumlah itu dianggap terlalu kecil oleh para pengamat internasional yang memperkirakan jumlah sebenarnya mencapai puluhan hingga ratusan ribu personil.

Sementara itu dalam rapat tersebut Direktur CIA John Brennan menyoroti ancaman yang dihadapi Amerika dari para “teroris” yang kini berperang di Suriah dan selama ini mendapat dukungan Amerika.

“Kami khawatir tentang pengganaan wilayah Suriah sebagai medan pelatihan al-Qaeda untuk merekrut anggota-anggotanya, dan menggunakan Suriah sebagai landasan bagi serangan terhadap negara-negara barat,” kata Brennan.

“Suriah menjadi sumber dari sejumlah ancaman bagi keamanan Amerika dalam hal merembesnya konflik ke negara-negara tetangga, namun juga ancaman meluasnya front terorisme,” tambah Brennan.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL