foto: liputan6

foto: liputan6

Jakarta, LiputanIslam.com — Anak negeri, kembali mengukuhkan prestasi. Kali ini, PT Industri Kereta Api Indonesia (Persero) yang menjadi perusahaan kereta terbesar di Asia Tenggara, akhirnya bisa memproduksi lokomotif buatan dalam negeri.

Tak hanya sekedar memproduksi, PT. INKA juga mengklaim bahwa lokomotif ini adalah produk tercanggih.  Mengapa? Karena lokomotif produksi perusahaan plat merah ini sudah memiliki Power Disel dalam body Lokomotif yang memiliki daya 400-500 Kw.

Pembuatan lokomotif ini berawal saat INKA, memperoleh pesanan Kementerian Perhubungan agar membuat lokomotif yang bisa dibuat dan dirancang di dalam negeri serta tahan banjir.

Selama ini, kereta penumpang dan barang di Indonesia, harus ditarik menggunakan lokomotif yang harus didatangkan dari Amerika Serikat serta rentan mogok saat melewati banjir.

Direktur Utama INKA, Agus Purnomo mengatakan, proyek lokomotif ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Namun dengan pertimbangan sebagai proyek percontohan, maka ada beban biaya pengembangan yang ditanggung oleh INKA. “Duitnya dari pemerintah hampir Rp 30 miliar, INKA ikut bayar juga,” ujarnya di Kantor Pusat INKA, Madiun, pekan lalu.

Pengembangan CC 300 dilakukan sejak 2009. Kini tiga lokomotif berwarna merah menyala itu selesai produksi dan siap diberikan pada pemesan, yaitu Kemenhub. Dua lagi masih dalam pengembangan di bengkel kerja.

Dikutip dari artikel Andhika Heru, keunggulan lokomotif yang berwana merah menyala  ini antara lain adalah :

1. Anti Mogok di Kala Banjir

Dia mengklaim, lokomotif ini memiliki desain yang memungkinkan untuk melalui rel yang digenangi air. CC 300 memiliki sistem kelistrikan yang menjadi satu dengan penggerak diesel hidrolik. Dengan sistem tersebut, meski rel tergenang air 1 meter, kereta masih bisa melaju. “Ini kan lokomotif tahan banjir, kalau rel banjir bisa terus jalan,” kata Agus.

Di tempat yang sama, Asisten Manajer Bidang Teknologi INKA, Prayitno menjelaskan, dengan mesin diesel hidrolik, lokomotif ini, bisa tahan saat melewati banjir setinggi 1 meter. Hal ini tidak ditemui pada lokomotif sejenis buatan General Elektric, karena kereta asal Amerika Serikat itu, menggunakan sistem elektrik di bagian bawah.

“GE penggeraknya di bawah. Misal buatan INKA kena banjir, gak akan mogok,  karena mesin berada di atas. Kalau di bawah, kena air atau banjir maka mesin dapat mati karena konslet,” papar Prayitno.

2. Konsep Double Cabin

Berkonsep double cabin yakni terdapat 2 kabin yang berada di depan dan di belakang lokomotif. Selain itu, masinis tidak perlu memanjat keluar untuk pindah ke kabin belakang atau sebaliknya karena ada penghubung atau ruang kecil kecil yang bisa menyambungkan antar kabin. Hal ini, tidak ditemui pada lokomotif sejenis buatan GE.

3. Dukungan Camera Monitor

Dilengkapi dengan kamera pengintai. Kamera ini, terdapat di sebelah kanan dan kiri lokomotif. Masinis tanpa perlu harus menegok ke belakang, cukup melihat dari layar yang terdapat di dalam cabin, bisa mengamati ke belakang seperti kereta penumpang yang sedang ditarik.

4. Memiliki Pembangkit Listrik Sendiri

Untuk menarik kereta, lokomotif ini juga sudah dilengkapi genset di dalam lokomotif tersebut, sehingga tidak perlu menarik 1 gerbong genset yang biasa terjadi di kereta penumpang diesel umumnya. Listrik dari lokomotif ini, digunakan untuk membangkitkan fasilitas elektronik di kereta seperti pendingin udara dan penerangan.

Hal ini tentunya, bisa menambah daya angkut karena kereta pembangkit digantikan oleh kereta penumpang.

5. Spesifikasi Mesin yang Handal

Lokomotif ini mempunyai panjang 19 m, lebar 2,642 m dan berat sekitar 90 ton. Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, power outputnya adalah 2500 HP dan memiliki traction effort sebesar 270 kN untuk starting. Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi hidrolik Voith Turbo Transmission L620reU2. Sistem pengereman memakai produk Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan, juga dilengkapi dengan genset CAT C18 dari Caterpilar sehingga tidak memerlukan kereta pembangkit jika menarik rangkaian kereta penumpang. (ba)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL