foto: merdeka.com

foto: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com–Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) diperkirakan akan berlangsung meriah. Selain acara utama pelantikan di Gedung MPR, Jokowi akan disambut dengan pesta rakyat yang digelar di Monas, serta penyambutan di Istana Negara oleh Presiden SBY.

Acara pelantikan Jokowi-JK akan dihadiri sembilan kepala negara, para Duta Besar dan pimpinan partai politik di Indonesia, dan tokoh-tokoh terkemuka lainnya. Menurut Ketua MPR, Zulkifli Hasan, kepala negara yang sudah dipastikan akan hadir adalah Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan O Cha, Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, Perdana Menteri Haiti, Laurent Lamothe dan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, dan Presiden Iran, Hasan Rouhani.

Kirab Budaya

Adapun kirab budaya akan dilakukan dari tempat pasangan Jokowi-JK dilantik menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia, hingga menuju Istana Negara, Senin (20/10/2014). Kirab ini akan berlanjut dengan konser rakyat di Monas.

Bersama semua rangkaian kegiatan ini, Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pun akan mencatat rekor pelepasan 17.480 balon dalam Syukuran Rakyat. Dari jumlah itu, 7.000 balon akan serempak diterbangkan dari halaman Istana Negara dan Tugu Monas, pada Senin. Selebihnya, akan ditebar di kota-kota di seluruh Indonesia

Penyambutan di Istana Negara

Usai pelantikan, Jokowi akan disambut di Istana Negara oleh (mantan) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut rencana, SBY akan menghadiri acara pelantikan di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Setelah itu, SBY akan menemani Jokowi bersalaman dengan para tamu negara.

Dari acara pelantikan, SBY kemudian pulang terlebih dulu ke Istana dengan menggunakan mobil pribadi untuk bersiap menyambut Jokowi. Kemudian akan ada upacara seperti kemiliteran, dan Jokowi masuk ke gerbang dengan disambut penghormatan. Jokowi akan datang bersama 40 orang pendamping. Jumlah pendamping ini menyesuaikan jumlah menteri dan kepala lembaga negara dari Kabinet Indonesia Bersatu II yang mendampingi SBY.

SBY bersama Jokowi kemudian memeriksa pasukan. Setelah upacara kemiliteran selesai, SBY akan mengajak Jokowi berkenalan dengan para staf rumah tangga presiden. Proses perkenalan dijadwalkan selama lima hingga 10 menit. Setelah itu SBY dan rombongannya akan meninggalkan Istana Negara. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL