Kombes Rikwanto

Kombes Rikwanto

Jakarta, LiputanIslam.com–Menanggapi aksi perampokan terhadap penumpang taksi yang terjadi di Jakarta selama beberapa hari terakhir, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto memberikan sejumlah saran.

“Sebaiknya pengguna taksi lebih berhati-hati, khususnya perempuan karena perempuan menjadi sasaran yang potensial,” ujar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Berikut tips-tips aman menggunakan taksi dari Rikwanto, seperti dirilis Detikcom:

1. Pilihlah taksi yang sudah kredibel
Dalam situasi yang sudah larut malam, atau susah mencari taksi, sering kali kita asal memilih taksi. Agar terhindar dari kejahatan ini, pilihlah taksi yang sudah terjamin keamanannya.

2. Catat nomor pintu taksi
Hal lain yang perlu diperhatikan yakni pelat nomor taksi dan nomor pintu. Bila perlu, beritahukan kepada keluarga atau teman dekat, jika Anda akan pulang diantar dengan taksi dengan menyebutkan nomor pintu taksinya3. Catat nama sopir taksi
Perhatikan juga nama sopir taksi yang tertera pada kartu tanda pengemudi. Samakan wajah sopir yang tertera di kartu tanda pengenal dengan sopir yang mengemudikan taksi. Karena bisa saja, sopir yang membawa taksi tidak sesuai atau menggunakan sopir batangan.

4. Kunci pintu jok penumpang
Untuk memastikan keamanan, kunci mobil taksi yang Anda tumpangi, baik di jok penumpang belakang, maupun jok penumpang samping sopir. Hal ini untuk memastikan tidak ada orang lain yang bisa masuk ke dalam taksi ketika taksi dalam keadaan berhenti.

5. Kenali rute perjalanan
Untuk menghindari kejahatan perampokan di dalam taksi, penumpang sebaiknya mengetahui rute perjalanan yang akan ditempuh. Ingatkan sopir jika rute yang ditempuh tidak sesuai arahnya.

6. Turun di tempat aman
Jika menemukan gelagat yang tidak baik pada sopir, sebaiknya segera berhenti. Berhentilah di tempat aman, seperti tempat umum yang banyak warga atau kantor polisi, sehingga bisa mencari pertolongan segera kepada warga jika terjadi sesuatu.

7. Usahakan naik taksi bersama teman
Untuk menghindari kejahatan di dalam taksi, sebaiknya menggunakan taksi bersama teman yang searah. Hal ini juga bisa mengurungkan niat pelaku ketika di dalam taksi sudah penuh. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL