Igor

pernyataan Igor Strelkov, di akun VKontakte

Kiev, LiputanIslam.com–Hingga kini masih belum ada pernyataan resmi dari pihak berwenang mengenai siapa pelaku penembakan terhadap pesawat komersil Malaysia, MH17. Namun beberapa media online merilis teori bahwa penembakan dengan rudal itu adalah ‘kesalahan’ yang dilakukan oleh kelompok pemberontak pro-Rusia.

Teori ini didasarkan pada pernyataan pimpinan kelompok pemberontak “Lugans People Republik”, Igor Strelkov, di akun VKontakte (media sosial yang populer di Rusia, sejenis facebook) tanggal 17 Juli 2014 pukul 17:50 (Moscow time). Berikut terjemahan isinya:

Di kawasan Torez, pesawat AN-26 telah ditembak, di sekitar tambang “Progress”. Kami telah memperingatkan mereka, supaya tidak terbang di ‘langit kami’. Ini video yang membuktikan kembali jatuhnya ‘burung’. Burung itu jatuh di belakang terricone, bukan di wilayah permukiman. Warganegara sipil tidak terluka. Juga ada informasi mengenai penembakan pesawat kedua, sepertinya “Su”.

Yang disebut Igor sebagai AN-26 adalah pesawat militer Ukraina. Setelah terbukti bahwa pesawat yang jatuh ternyata MH17, Igor menghapus pernyataan di akun VKontakte-nya itu. Sementara pesawat kedua yang disebut Igor, yaitu “Su”, adalah jet tempur Ukraina, SU-25, pesawat yang juga ditembak jatuh pemberontak pada Kamis pagi (17/7).

Sementara itu, Malaysia Airlines nomor penerbangan MH017 jenis Boeing 777 dengan 280 penumpang dan 15 awaknya jatuh di wilayah Ukraina timur pada Kamis sore. Seluruh penumpang dan awak pesawat diperkirakan tewas.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL