scienceJakarta, LiputanIslam.com–Di tengah berbagai kritikan terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang masih memiliki banyak kekurangan di sana-sini, ada sejumlah pelajar sekolah menengah yang menoreh prestasi internasional. Mereka meraih kemenangan dalam kompetisi sains dunia. Berikut beberapa di antara pelajar yang membanggakan ini:

-Harman Dewantoro dari Sekolah Menengah Atas Cita Hati Surabaya. Ia melakukan penelitian di bidang matematika dan meraih medali emas.

-Jocelyn Livia Kusuma dari Sekolah Menengah Atas Santa Laurensia, Tangerang. Ia mendapatkan emas berkat risetnya di bidang ekologi.

-Josiah Christopher, melakukan riset di bidang sains kehidupan dan meraih medali perak.

-Jeff Bastian Wongso Wijaya, melakukan riset di bidang ekologi dan meraih medali perak.

-Wilbert Osmond,  melakukan riset di bidang matematika dan meraih medali perunggu.

-Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati, melakukan riset di bidang ekologi dan meraih medali perunggu.

-Gracesilia, pelajar SMP yang melakukan riset di bidang sains komputer, mendapatkan penghargaan khusus.

Ketujuh pelajar itu meraih medali dan penghargaan dalam International Conference for Young Scientists (ICYS) ke-21 di Beograd, Serbia, 17-23 April 2014. ICYS tahun ini diikuti puluhan peserta dari 15 negara. Hanya ada lima negara yang berhasil membawa pulang medali emas, yaitu Jerman, Belanda, Indonesia, Serbia, dan Singapura. Tim peneliti muda Indonesia selalu membawa pulang medali emas dari konferensi ini sejak 2009.

Selain itu, ada lima orang pelajar Indonesia yang menang dalam ajang perlombaan astronomi internasional tingkat Sekolah Menengah Atas 7th International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA).  Kelima siswa tersebut adalah M. Imam Adli, dari SMA Kharisma Bangsa, Banten, David Orlando Kurniawan dari SMAK 1 Penabur, DKI Jakarta, Marcelina Viana dari SMA Santa Ursula, DKI Jakarta, Rizki Wahyu Pangestu dari SMA Negri 1 Banjarnegara, Jawa Tengah, serta R. Aryo Tri Adhimukti dari SMA Negri 3 Malang, Jawa Timur.

Mereka berhasil menyabet berbagai gelar dalam kompetisi tahunan yang berlangsung pada tanggal 27 Juli hingga 5 Agustus 2013 di Volos, Yunani. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL