isis indonesiaJakarta, LiputanIslam.com — Badan Nasional Penanggulangan Terorisme berhasil mengantungi identitas Abu Muhammad Al-Indonesi. Sosok pemuda berbaju hitam yang mengajak untuk memberi dukungan kepada Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) itu aslinya bernama Bachrumsyah.  Demikian keterangan  Direktur Penindakan BNPT Brigadir Jenderal Petur Reinhard Golose, seperti dilansir Tempo, 6 Agustus 2014.

Sosok Bachrumsyah menyita perhatian saat ia mengungah video berjudul “Join the Ranks”. Dalam video tersebut, dia mengajak warga Indonesia mendukung perjuangan ISIS. Video berdurasi delapan menit yang diunggah pada 22 Juli 2014 itu kini telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Petrus menjelaskan Bachrumsyah merupakan anggota Mujahidin Indonesia Barat. Kelompok yang didirikan Abu Roban itu merupakan kelompok teroris pencari dana dengan cara menjarah bank, kantor pos, outlet ponsel dan toko bangunan. Mereka menganggap hasil jarahan itu sebagai harta rampasan perang (ghanimah).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sosok Bachrumsyah juga disebut pernah kuliah di Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN pada tahun 2004. Namun, pendidikan itu gagal diselesaikan. Bachrumsyah drop out setelah menjalani pendidikan selama dua semester.

ISIS adalah organisasi teroris transnasional yang kini tengah beroperasi di Irak dan Suriah. Dalam aksinya, mereka melakukan berbagai kejahatan kemanusiaan seperti membantai dan menyiksa rakyat sipil dan mempertontonkannya di depan kamera.

Selain itu, ISIS juga melakukan penindasan terhadap pemeluk agama Kristen di Irak. Dari laporan Press TV, Rabu, 6 Agustus 2014 disebutkan bahwa Perdana Menteri Irak, mengutuk keras tindakan ISIS yang telah mengancam keberadaan kaum Kristen yang telah berabad-abad lamanya hidup di kawasan Irak.

Kelompok teroris ISIS saat ini mengendalikan beberapa daerah di Irak utara dan barat laut, melakukan kejahatan di daerah-daerah termasuk eksekusi massal warga sipil. Mosul, kota yang terletak di provinsi Neniveh, dicaplok ISIS pada Juni lalu, yang disusul dengan deklarasi “Khilafah Islamiyah” dengan Abu Bakar al-Baghdadi sebagai pemimpinnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL