London, LiputanIslam.com–Pemerintah Inggris, Prancis, dan Germany menuntut penjelasan detil dari Arab Saudi mengenai hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi secara misterius di gedung konsulat Saudi di Turki.

Dalam sebuah pernyataan tertulis yang dirilis pada Minggu (14/19/18), menlu Inggris Jeremy Hunt dan rekan-rekannya dari Prancis dan Jerman, Jean-Yves Le Drian dan Heiko Maas, mengaku tengah mengikuti isu ini dengan sungguh-sungguh.

“Harus ada investigasi kredibel untuk menyingkap kebenaran tentang apa yang terjadi, dan—jika relevan—untuk mengidentifikasi siapa yang bertanggungjawab atas hilangnya Jamal Khashoggi, dan memastikan mereka ditangkap,” demikian isi pernyataan bersama tersebut.

Ketiga negara Eropa ini juga mendorong adanya upaya bersama antara Saudi dan Turki untuk menyelesaikan masalah ini.

“[Kami] menunggu pemerintah Saudi memberikan respon komplit dan detail. Kami telah mengirimkan pesan ini secara langsung ke pemerintah Saudi,” lanjut mereka.

Menurut sejumlah pejabat Turki, Khashoggi mungkin telah dibunuh oleh sebanyak 15 orang suruhan Saudi di bawah perintah langsung dari Pangeran Mohammad bin Salman.

Meski pemerintah Riyadh mengaku ingin bekerjasama untuk menyingkap kebenaran, menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa belum ada langkah apapun yang diambil pejabat Saudi sampai kini. Mereka juga tidak mengizinkan penyelidik Turki memasuki gedung konsulat mereka. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*