pasukan inggris falklandLondon, LiputanIslam.com — Inggris akan mengalokasikan ratusan juga poundsterling untuk memperkuat pertahanan Kepulauan Falkland, wilayah yang juga diklaim oleh Argentina sebagai wilayahnya.

Seperti dilansir BBC News, Rabu (24/3) petang, Inggris akan menggelontorkan £280 juta selama 10 tahun untuk meningkatkan pertahanan wilayah tersebut.

Hal itu dikatakan Menhan Michael Fallon kepada BBC dengan menyebutkan bahwa ‘semua ancaman masa depan dan mungkin’ atas wilayah tersebut harus dipikirkan dengan serius.

Perselisihan lama antara Argentina dengan Inggris atas wilayah tersebut telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Fallon menyebut pemerintah berkomitmen untuk menjaga hak warga kepulauan tersebut untuk menjadi warga Inggris.

Dalam waktu dekat, kata Fallon, Inggris akan menggelar 2 helikopter angkut Chinook untuk membantu pasukan Inggris di wilayah itu melancarkan aksi yang “cepat dan tegas” menghadapi setiap insiden-insiden yang muncul.

Tentang status keamanan wilayah tersebut, Fallon menyebut bahwa kekuatan yang ada telah sesuai dengan tingkat ancaman yang ada, dan jumlah personil militer Inggris di wilayah itu akan dipertahankan pada jumlah 1.200 orang.

Namun Inggris akan meningkatkan sistem komunikasi serta sistem pertahanan udara Rapier dengan yang lebih baru. Selain itu Inggris juga akan meningkatkan akomodasi bagi personil militernya di wilayah itu.

Ia juga mengkonfirmasi komitmen untuk menempatkan kapal patroli HMS Clyde dan meningkatkan infrastruktur energi dan pelabuhan.

Hal tersebut menjadi perhatian setelah media Inggris The Sun melaporkan bahwa Rusia berencana akan menyewakan 12 pesawat pembom jarak jauh ke Argentina. Hal ini dianggap sebagai ancaman serius bagi keamanan wilayah Kepulauan Falkland.

Argentina mengklaim Kepulauan Falkland sebagai wilayahnya dan menyebutnya sebagai Malvinas. Pada tahun 1982 pasukan Argentina menginvasi kepulauan tersebut, namun berhasil dipukul mundur oleh pasukan Inggris setelah melalui pertempuran sengit.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*