pemboman londonLondon, LiputanIslam.com — Inggris memperingati 10 tahun peristiwa Pemboman London yang menewaskan 52 orang pada tanggal 7 Juli 2005. Sebuah acara misa khusus akan digelar di Gereja St Paul’s Cathedral dengan dihadiri para korban yang selamat dan keluarga korban yang tewas.

Dalam peristiwa itu sekelompok teroris membom 3 kereta api metro (Tube) dan sebuah bus.

Selain itu acara menghentikan cipta selama semenit digelar serentak pada pukul 11.30 di seluruh jaringan transportasi. Sementara Pangeran William menghadiri upacara peringatan di Hyde Park’s 7 July Memorial. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Selasa (7/7).

Serangan tersebut disebut-sebut dilakukan oleh 4 anggota Al-Qaeda, dan menjadi serangan teroris paling mematikan dalam sejarah di Inggris.

Pada tanggal 7 Juli 2005 jam 08:50 tiga ledakan terjadi serantak di tiga rangkaian kereta metro, masing-masing di
kawasan Russell Square, Edgware Road, dan Aldgate. Dalam serangan itu 39 orang tewas. Empat jam kemudian sebuah ledakan terjadi lagi di sebuah bus tingkat di Tavistock Square, menewaskan 13 orang.

Nama-nama ke-52 korban yang tewas itu akan dibacakan dalam misa di St Paul’s Cathedral, yang dimulai pada pukul 11:00 waktu setempat.

Selain korbah tewas, serangan itu juga melukai lebih dari 700 orang.

Perdana Menteri David Cameron mengatakan, “10 tahun sejak serangan 7 Juli di London, ancaman-ancaman dari para teroris terus berlanjut dengan semakin mematikan. Serangan yang membunuh 30 warga Inggris yang tidak berdosa saat berlibur di Tunisia menjadi pengingat yang brutal atas fakta ini. Namun kita tidak akan tunduk pada terorisme.”

Sementara itu mantan perdana menteri Tony Blair dalam sebuah wawancara dengan BBC Channel mengatakan kelompok ISIS telah membangun basis di sudut Eropa dan pasukan tempur diperlukan untuk mengalahkan mereka.

Namun sejumlah pengamat inteligen independen menuduh serangan itu dirancang sendiri oleh pemerintah (inside job) untuk mendukung kampanye Perang Terorisme.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL