London, LiputanIslam.com–Sebuah laporan menyebutkan bahwa Inggris telah melatih puluhan pasukan militer Arab Saudi sejak awal agresi militer ke Yaman pada Maret 2015.

Menurut laporan yang dirilis oleh The Guardian pada Rabu (10/4) lalu, lebih dari 40 calon tentara Saudi mendapatkan pelatihan di Royal Military Academy Sandhurst, sekolah Royal Air Force (RAF) Cranwell, dan Royal Naval College.

Mayoritas calon tentara ini dilatih di Britannia Royal Naval College, Dartmouth.

Militer Inggris ternyata mengakui laporan ini setelah adanya permintaan kebebasan informasi oleh media, yang sebelumnya ditolak oleh Kementerian Pertahanan Inggris.

Kemenhan menolak untuk memberitahu berapa banyak uang yang dikeluarkan London untuk kegiatan pelatihan ini, dengan alasan itu dapat merusak hubungan dengan Saudi. Mereka juga mengatakan, informasi seperti itu dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau negara lain yang bersaing dengan Inggris untuk melatih tentara Saudi.

“Pelatihan dasar calon perwira dilakukan oleh ketiga layanan itu dengan partisipan dari banyak negara, termasuk sekutu dan negara yang memiliki hubungan militer dengan kami,” kata jubir Kementerian Pertahanan kepada The Guardian.

“Pelatihan ini memungkinkan para calon perwira belajar bagaimana menjadi pemimpin bersama personel layanan kami, dan memahami dan meruntuhkan sekat-sekat budaya untuk meningkatkan hubungan militer dan nasional,” lanjutnya.

Pemerintah pimpinan PM Theresa May itu tidak menunjukkan penyesalan meski menghadapi kecaman internasional karena bekerjasama secara militer dengan Arab Saudi.

Menurut analisis Sky News, Inggris telah menjual senjata seharga £5,7 miliar kepada koalisi yang dipimpin Saudi sejak perang Yaman dimulai.

Agresi ini awalnya hanya diisi oleh kampanye pengeboman, namun lambat laun ditambah dengan blokade laut dan pengerahan pasukan darat. Akibatnya, puluhan ribu warga Yaman tewas dan ribuan lainnya terluka. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*