larang rokokLondon, LiputanIslam.com — Inggris mulai berlakukan larangan pemajangan produk-produk rokok di toko-toko kecil, setelah sejak tahun 2012 larangan serupa telah diterapkan di toko-toko besar dan supermarket.

Tidak hanya toko-toko kecil, pub-pub dan klub-klub juga dilarang memajang rokot dari rak pajangan. Demikian BBC News melaporkan, Senin (6/4).

Larangan tersebut mendapatkan dukungan dari aktifis kesehatan Action on Smoking and Health (Ash), namun dikecam oleh kelompok ‘penjaga toko’ yang menamakan diri Tobacco Retailers’ Alliance.

Hazel Cheeseman, Direktur Kebijakan Ash, mengatakan, “Dua pertiga perokok memulainya sebelum berumur 18 tahun, maka menjadi penting bahwa semuanya dilakukan untuk menyingkirkan rokok dari pandangan demi melindungi generasi masa depan.”

Ia menambahkan bahwa larangan pemajangan di toko-toko kecil akan diterapkan bersamaan standarisasi pemajangan barang yang akan dimulai bulan Mei tahun 2016.

Sementara itu Suleman Khonat dari Tobacco Retailers’ Alliance mempertanyakan efektifitas larangan tersebut.

“Pengenalan larangan pemajangan di toko-toko besar tidak pernah dievaluasi, jadi bagaimana kita akan mengetahui apakah cara ini akan berhasil?”

Ia menyebut langkah tersebut sebagai ‘memukul sektor usaha kecil’ dan akan melakukan upaya hukum untuk menggagalkannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL