HMS-Daring-2-203x300Buenos Aires, LiputanIslam.com — Inggris mengirimkan kapal perang modern HMS Dragon, jenis destroyer tipe 45, ke Kepulauan Falklands di lepas pantai Argentina.

Sebagaimana dilaporkan Sunday Express, Minggu (18/1), sumber-sumber AL Inggris (Royal Navi) langkah tersebut merupakan bagian dari kebijakan Dephan Inggris untuk memperkuat Operasi Drumbeat, yaitu operasi militer untuk menjaga kedaulatan Inggris di Kepulauan Falklands yang juga diklaim oleh Argentina sebagai wilayahnya.

Selain pengerahan kapal perang HMS Dragon, Inggris juga merencanakan akan membangun sistem pertahanan udara baru senilai 200 juta pound di kepulauan itu untuk menggantikan persenjataan yang sudah lama, sistem pertahanan udara Rapier yang telah digunakan sejak Perang Falkland tahun 1982 melawan Argentina.

Sebelum sistem pertahanan udara baru itu selesai dibangun, HMS Dragon yang memiliki sistem pertahanan udara canggih diharapkan bisa memperkuat sistem pertahanan yang sudah ada di Faklands.

Sementara itu Presiden Argentina Cristina de Kirchner dikabarkan tengah membujuk Rusia untuk menyewakan 12 pesawat pembom supersonik SU-24 yang mampu beroperasi di segala cuaca. Keberadaan pesawat ini bakal menjadi ancaman serius bagi kedudukan Inggris di Falkland, mengingat Cristina de Kirchner dikenal dengan kebijakannya yang agresif untuk “mengembalikan” Falkland ke pangkuan Argentina, dan berulangkali menyatakan kedaulatan Argentina atas wilayah tersebut.

Pada tahun 1982 Argentina menginvasi Kepulauan Falkland dan memicu terjadinya perang sengit melawan Inggris yang mengirim armada tempur besar-besaran untuk merebut kembali wilayah tersebut. Inggris yang unggul di lautan akhirnya berhasil merebut kembali wilayah itu dan pasukan Argentina yang mendudukinya, menyerah.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*