Riyadh, LiputanIslam.com–Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud memberikan penghargaan kerajaan tertinggi Order of King Abdulaziz kepada Perdana Menteri Inggris Theresa May setelah Inggris berhasil mendaratkan bom terus-menerus di Yaman.

Salman mempersembakan penghargaan ini pada Rabu (5/04/2017) dalam pertemuan di kerajaan al-Yamamah di Riyadh.

Penghargaan yang dinamakan dengan Raja Saudi terdahulu, Abdulaziz Al Saud, diberikan kepada penduduk Arab Saudi dan orang asing yang telah melakukan tugas yang berjasa.

Sehari sebelumnya, May juga menemui Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Nayef, sesampainya di kerajaan setelah melakukan perjalanan ke Yordania.

Pertemuan May ini dilakukan di saat Inggris berada di bawah tekanan untuk menghentikan penjualan senjata ke Arab Saudi yang akan digunakan dalam agresi militer Yaman.

Berdasarkan data dari Amnesty international, sejak perang Yaman pecah pada 2015, AS dan Inggris telah menjual senjata seharga lebih dari $5 milyar kepada rezim Saudi. Jumlah ini lebih dari 10 kali lipat dari dana bantuan yang diberikan kepada penduduk Yaman, yaitu $450 juta.

Pada tanggal 26 Maret 2015, Arab Saudi dan dibantu oleh sejumlah negara Teluk Persia meluncurkan serangan militer ke Yaman dalam rangka mengembalikan pemerintah Yaman sebelumnya yang merupakan sekutu dekat Riyadh.

Serangan ini menyebabkan 12.000 penduduk sipil meninggal dunia, dan membuat Yaman menjadi negara Arab paling miskin. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL