british schoolLondon, LiputanIslam.com — Otoritas pendidikan Inggris dibuat kegerahan oleh tingginya angka kejahatan seksual di sekolah-sekolah di Inggris. Dalam tiga tahun terakhir bahkan terjadi kenaikan hingga 40%.

Press TV melaporkan, Sabtu (23/8), berdasar data yang dirilis polisi berdasar UU kebebasan informasi (Freedom of Information Act), setidaknya 2.865 kejahatan seksual terjadi antara 2011-2013 di sekolah-sekolah di Inggris. Dari angka itu sebanyak 320 kejahatan berbentuk perkosaan yang separoh di antaranya dilakukan oleh sesama pelajar.

Tahun lalu saja sebanyak 1.052 kasus kejahatan seksual dilaporkan terjadi di sekolah-sekolah INggris, dengan 134 kasus di antaranya adalah kasus perkosaan.

“Sekolah-sekolah harus memastikan bahwa mereka memiliki prosedur keselamatan yang memadai dan bahwa para orang tua dan guru mampu mengenali tanda-tanda awal sehingga mereka bisa melakukan tindakan yang tepat bila dibutuhkan,” kata Claire Lilley dari lembaga nasional pencegahan tindak kejahatan terhadap anak NSPCC (National Society for the Prevention of Cruelty to Children).

Tingginya angka kejahatan itu juga membuat partai oposisi Partai Buruh mendesak pemerintah untuk melakukan tindakan penting.

“Angka itu sangat mengganggu. Sekolah seharusnya menjadi tempat yang aman bagi anak-anak dan remaja. Pemerintah harus melakukan tindakan atas adanya bukti-bukti peningkatan kejahatan seksual di antara remaja,” kata Yvette Cooper, anggota komisi parlemen yang mengawasi kinerja Departemen Dalam Negeri.

Meski Departemen Pendidikan menolak desakan untuk menerapkan kewajiban pelaporan tindakan kejahatan, para guru didesak untuk melaporkan tindak kejahatan yang terjadi kepada ahli perlindungan anak.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL