PRESIDENT BUHARI RECEIVES BRITISH SEC OF STATE FOR DEFENCEAbuja, LiputanIslam.com — Inggris akan mengirim lebih banyak pasukan ke Nigeria untuk memerangi kelompok Boko Haram. Demikian pernyataan Menhan Inggris Michael Fallon, Senin (21/12) seperti dilaporkan Russia Today.

Namun pasukan itu tidak akan dilibatkan dalam misi pertempuran, melainkan hanya memberikan bantuan dan pelatihan kepada militer Nigeria. Di antara pelatihan itu adalah penanganan bom-bom berdaya ledak tinggi oleh pasukan khusus Royal Air Force (RAF).

Fallon membuat pernyataan itu dalam kunjungannya ke Nigeria untuk bertemu Presiden Muhammadu Buhari. Ia menyebutkan jumlah pasukan yang akan dikirim mencapai 300 orang pada tahun 2016.

Boko Haram yang telah melancarkan pemberontakan sejak tahun 2009, telah membunuh sekitar 20.000 orang dan membuat 2,3 juta orang kehilangan tempat tinggal.

Pada bulan Maret 2015 kelompok ini menyatakan kesetiaan kepada kelompok teroris ISIS, setelah sebelumnya mereka diketahui berhubungan dengan Al Qaida. Kelompok Islamic Movement in Nigeria (IMN) yang dipimpin Sheikh Zakzaky menuduh selama ini Boko Haram justru menjalin kerjasama secara diam-diam dengan militer Nigeria.

Pada hari Sabtu (13/12) dan Minggu (14/12) militer Nigeria menyerbu kediaman Sheikh Zakzaky dan menangkapnya setelah membunuh ratusan pengikutnya yang melindunginya, termasuk keluarga dan para pembantu dekaatnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL